ABC

Mantan Petenis Australia Mervyn Rose Wafat

Mantan petenis besar Australia Mervyn Rose, yang pernah juara tunggal putra dua kali, meninggal dunia dalam rusia 87 tahun.

Rose, bintang tahun 1950-an sebelum era kejuaraan tenis terbuka, memenangkan Kejuaraan Australia pada tahun 1954 dan merebut gelar Kejuaraan Prancis empat tahun kemudian. 

Rose yang kelahiran Coffs Harbour di New South Wales juga memenangkan Piala Davis dua kali (1951, 1957) sebagai bagian dari skuad Australia.

Rose, yang berada di peringkat ketiga dunia saat daftar peringkat tidak resmi disusun pada tahun 1958, juga mengklaim gelar ganda di Kejuaraan Australia dan AS, serta Wimbledon.

Dia dimasukkan ke dalam jajaran Hall of Fame Tenis Internasional pada tahun 2001 dan Australian Hall of Fame setahun kemudian.

Rose ditunjuk sebagai anggota Ordo Australia pada tahun 2006 untuk mengabdi kepada tenis sebagai pemain, pelatih dan mentor bagi pemain amatir dan profesional.

Mervyn Rose serves
Mervyn Rose mencapai puncak karir sebagai petenis terbaik ketiga dunia.

Supplied: Tennis Australia

Pemenang Piala Davis Australia dan juara ganda utama, Todd Woodbridge, memberikan penghormatan kepada Rose melalui media sosial twitter.

"Sedih mendengar meninggalnya sosok tenis Merv Rose yang unik. GS champ 54 AO, 58 RG menyukai tenis, pelatih hebat," demikian cuitan Woodbridge.

Rose pernah melatih petenis besar Billie Jean King dan Margaret Court, serta Arantxa Sanchez-Vicario dari Spanyol dan Richard Fromberg dari Australia.

King memuji Rose atas prestasinya yang diraih King pada tahun 1964.

"Setiap hari dia kan membantu saya, dia akan mengubah servis saya, pukulan bola saya," kata King.

"Dia mengubah gaya permainanku, taktikku. Saya tidak dapat menggambarkan bagaimana dia mengubah hidupku. Dia mengajariku bagaimana menjadi nomor satu."

AAP / ABC

Diterbitkan Selasa 25 Juli 2017 oleh Farid M. Ibrahim dari berita ABC News di sini.