ABC

Mantan Pejabat India Khawatirkan Tambang Batubara Adani di Australia

Mantan Menteri Lingkungan Hidup India Jairam Ramesh "sangat terkejut" dengan persetujuan Pemerintah Australia terhadap perusahaan Adani Group untuk menambang batubara di Queensland Utara. Menurut dia, hal itu akan mengancam kelangsungan Great Barrier Reef, "warisan bersama umat manusia".

Ramesh juga mengatakan bahwa Pemerintah Australia dan Pemerintah Queensland telah gagal melakukan due diligence secara memadai mengenai perilaku Adani Group di India di bidang lingkungan dan keuangan sebelum memberikan persetujuan lingkungan dan lisensi pertambangan.

"Rekam jejak Adani Group mengenai pengelolaan lingkungan di dalam negeri (India) menyisakan banyak hal untuk dipertimbangkan," kata Ramesh, politisi senior Partai Kongres yang beroposisi di India, kepada Program Four Corners ABC.

"Dan jika banyak hal perlu dipertimbangkan di dalam negeri, tidak ada alasan bagi saya untuk percaya bahwa Adani akan menjadi pemain lingkungan yang bertanggung jawab secara global," ujarnya.

Ramesh mengatakan hampir tidak dapat dipercaya mengapa Pemerintah Australia akan memberikan pinjaman lunak dan uang pajak rakyat Australia untuk memfasilitasi proyek pertambangan batubara Adani Group. Pasalnya, konsekuensi perubahan iklim untuk mengembangkan tambang baru raksasa dan membuka seluruh wilayah batubara baru.

"Anda memberikan keringanan pajak untuk sebuah proyek yang sebenarnya akan memiliki konsekuensi lingkungan yang merugikan, yang akan menambah efek pada pola cuaca di wilayah ini, di seluruh dunia. Saya merasa hal ini sangat aneh," katanya.

Diterbitkan oleh Farid M. Ibrahim dari artikel ABC News di sini.