ABC

Mantan Pejabat di Sydney Dituduh Rekayasa Tabrakan untuk Hindari Pengadilan

Pengadilan di Sydney menolak memberikan jaminan tahanan luar kepada mantan Wakil Walikota Auburn, Salim Mehajer, terkait tuduhan bahwa dia merekayasa kecelakaan mobil demi menghindari persidangan dalam kasus berbeda.

Polisi menuduh pria berusia 31 tahun itu merekayasa kejadian tabrakan di daerah Lidcombe di pinggiran Sydney tahun lalu. Kejadian itu membuatnya dibawa ke rumah sakit sehingga tidak harus menghadiri persidangan dalam kasus serangan terhadap sopir taksi.

Pengacaranya menilai tuduhan polisi ini lemah, namun Hakim Jennifer Giles tidak setuju dan mengatakan justru kasus ini "menyangkut inti dari sistem peradilan".

Pada saat kejadian itu, Mehajer sedang dalam perjalanan ke pengadilan untuk sidang kasus penyerangan tersebut.

Mehajer ditangkap di rumah barunya di Vaucluse pada hari Selasa (23/01/2018) dengan tuduhan menghalang-halangi penegakan keadilan dan persekongkolan untuk menipu. Tuduhan ini diajukan setelah penyelidikan polisi mengenai atas "kecelakaan" tersebut.

Hakim kemudian menunda keputusan pemberian tahanan luar setelah sidang maraton di Pengadilan negeri Waverley.

Mehajer langsung ditahan dan telah menghabiskan semalam dalam tahanan.

"Kecelakaan" mobil pada 16 Oktober 2017 itu melibatkan mobil Mercedes AMG milik Mehajer dan mobil Mitsubishi Outlander. Lokasinya di persimpangan jalan Nicholas dan Delhi.

Memberatkan

Hakim Giles tidak menerima argumentasi dari pembela, yang menyatakan Mehajer mungkin menjadi korban pemerasan oleh pengendara mobil Mitsubishi, seorang wanita yang kini telah jadi tersangka penipuan auiransi atas kecelakaan tersebut.

"Pembelaan menyatakanbahwa ini bisa menjadi peluang oportunistik, yang entah bagaimana pengendara mobil lainnya menunggu terdakwa untuk merusak mobilnya sendiri dan dengan sendirinya mengakui kesalahan atas ide gila bahwa terdakwa akan merasa berkewajiban membayar kecelakaan yang diakuinya, "katanya.

Three men, with Salim's face blurred
Salim Mehajer (kiri) ditangkap pada hari Selasa.

Supplied: NSW Police Force


"Sebenarnya, semua yang akan dilakukan terdakwa, dan yang telah dilakukannya, adalah menghindari pengadilan dan mengambil uang untuk mobilnya yang diduga diasuransikan secara berlebihan."

Pengadilan mendengar bahwa sembilan hari sebelum kecelakaan itu, Mehajer mengasuransikan Mercedesnya seharga $ 156.780 (Rp 1,5 miliar). Menurut polisi nilai tersebut lebih mahal $ 60.000 daripada nilai mobil itu sendiri.

"Saya menganggap penuntutan untuk kasus ini cukup memberatkan," kata Hakim Giles.

Dia juga menolak alasan kedua yang diajukan pengacara Mehajer, Tom Hughes, yang menyebutkan bahwa pertama kalinya mantan pejabat pemkot pertama itu berada dalam tahanan.

"Selalu disayangkan bagi siapa saja ... meskipun banyak persidangan yang harus disa dipersiapkan, apa yang dituduhkan di sini dan diduga cukup meyakinkan, menurut saya, menyangkut inti sistem peradilan pidana," katanya.

Salim Mehajer arrives at Burwood Local Court in Sydney.
Salim Mehajer menjadi terkenal setelah menggelar pernikahan di tahun 2015.

AAP: Dan Himbrechts

Hakim Giles mengatakan kondisi jaminan tahanan luar selalu diatur bahwa terdakwa "hadir ke pengadilan pada hari yang ditentukan dan tidak berusaha memanipulasi tanggal persidangan".

"Bagi saya ini tampak sebagai skema yang direncanakan untuk menghindari sistem peradilan pidana, dan bahwa terdakwa sekarang harus mendasarkan permohonan ini atas klaim bahwa jika dia ditahan, akan menunda waktu yang dibutuhkan untuk hadir di pengadilan negeri, saya lihat sepertinya tidak jujur," katanya.

Di luar pengadilan, Hughes mengatakan hakim tersebut hanya membuat keputusan mengenai permohanan jaminan ini, bukan keseluruhan kasusnya.

"Masih sangat dini, mari kita lihat apa yang terungkap dari bukti-bukti," katanya.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.