ABC

Mantan Anggota Parlemen di Australia Dihukum Karena Penipuan

Mantan anggota parlemen di negara bagian Queensland, Australia, Scott Driscoll dari Partai Liberal, dikenai hukuman penjara enam tahun karena serangkaian kasus penipuan selama menjabat.

Driscoll (41 tahun) menyatakan diri bersalah atas semua tuduhan terhadapnya dalam persidangan di Pengadilan Distrik Brisbane bulan November lalu.

Dalam keputusannya hari Jumat (10/3/2017), hakim menjatuhkan vonis penjara enam tahun untuk Driscoll dan dia baru bisa mendapatkan keringanan hukuman setelah bulan September 2018.

Driscoll menipu Asosiasi Pedagang Ritel dan Pemilik Toko Queensland sebanyak $ 180 ribu (sektar Rp 1,8 mliar), memalsu laporan rapat, dan juga meminta komisi rahasia dari dua jaringan supermarket besar di Australia.

Dalam persidangan terungkap bahwa supermarket itu membayar $ 110 ribu (sekitar Rp 1,1 miliar) untuk kampanye bagi perubahan jam buka, namun dana tersebut digunakan oleh Driscoll untuk membeli rumah.

Dia kemudian menggunakan posisinya sebagai anggota parlemen Queensland untuk mendapatkan dana sebesar $ 200 ribu dan $ 300 ribu dari supermarket Coles dan Woolworths, guna mempengaruhi kelompok lobi agar setuju bagi perubahan jam buka supermarket.

Namun kedua supermarket tersebut menolak memberikan uang.

Selain itu Driscoll juga menggunakan dana $ 60 ribu dari penjualan properti milik Asosiasi Pedagang Ritel Queensland.

Dari jumlah itu, $ 54 ribu disumbangkan ke kas partai Liberal Nasional, dan $ 5 ribu digunakan untuk kepentingan pribadi.

Tidak ada dana yang berhasil diperoleh kembali.

Kesehatan mental jadi pertimbangan

Hakim Deborah Richards mengatakan bahwa Driscoll berada dalam 'posisi penting' ketika berbagai penipuan tersebut dilakukannya.

Di pengadilan disebutkan bahwa Driscoll sekarang mengalami deperesi mendalam, dan harus tergantung pada istrinya Emma yang merawatnya penuh waktu.

Emma harus membantu Driscoll mengenakan pakaian, makan dan berkomunikasi, dan mereka tinggal di garasi orangtua Driscoll.

Hakim Richards mengatakan Driscoll sekarang 'menjalani kehidupan sehari-hari seperti seorang anak kecil."

Dalam menjatuhkan vonisnya, hakim juga mempertimbangan kesehatan mental Driscoll.

Driscoll memenangkan kursi di daerah pemilihan Redcliffe bagi Partai Liberal Nasional di tahun 2012, namun kemudian menjadi anggota independen setelah partainya tidak mempercayainya lagi di bulan Maret 2013.

Dia pada awalnya tetap menjadi anggota parlemen independen, namun kemudian tidak menghadiri sidang selama beberapa bulan, dan akhirnya mengundurkan diri bulan November 2013 dengan alasan kesehatan.

Pengunduran diri terjadi setelah Komite Etika Parlemen Queensland memberi rekomendasi agar dia diberhentikan dan kursinya dinyatakan kosong.

Diterjemahkan pukul 14:30 AEST 10/3/2017 oleh Sastra Wijaya dan simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini