ABC

‘Mansplain’ Terpilih Sebagai Word of The Year 2014 Kamus Macquarie

Kamus Bahasa Inggris Australia, Macquarie Dictionary menobatkan kata "mansplain" sebagai Kata Terbaik Tahun 2014  atau Word of The Year 2014 dan kata "share plate" sebagai kata paling populer pilihan masyarakat.

Kedua kata pemenang itu dipilih dari daftar kata-kata baru yang diunggah setiap tahunnya di situs Kamus Macquarie online.
 
Kata 'Mansplain' sendiri merupakan kata kerja yang merujuk pada kondisi dimana seorang pria menjelaskan sesuatu kepada wanita dengan cara yang merendahkan. Sehingga seolah-olah perempuan yang diajak bicara tidak mengerti sama sekali atau tidak peduli dengan subjek yang sedang dibicarakan.
 
Kata 'Mansplain' berasal dari kata Man + [ex]plain yang dituliskan dengan menyisipkan huruf 's' pada kata explain.
 
Komite penentu Word of The Year 2014 kamus Macquarie mengatakan mereka menilai kata manspalin adalah kata yang sangat dibutuhkan dan sangat pintar dan rapi dalam menerangkan "konsep penjelasan yang menggurui yang sering kali diucapkan sejumlah pria kepada wanita,"
 
Komite tahun ini terdiri dari Dr Michael Spence (Wakil Rektor, Universitas Sydney), Profesor Stephen Garton (Wakil Rektor, Universitas Sydney), Anne Bell (Direktur Perpustakaan Universitas, Universitas Sydney), Catriona Menzies-Pike (Editor Seni, The Conversation), John Birmingham (jurnalis dan penulis), dan Susan Butler (Editor Macquarie Dictionary).
 
Butler mengatakan pemenang Kata Tahun 2014 ini menyederhanakan penggambaran situasi yang sering kali dihadapi kalangan perempuan.
 
"Ketika seorang laki-laki, dengan cara yang sangat kaku, sepele atau canggung, menjelaskan sesuatu kepada seorang wanita padahal perempuan itu sudah paham dengan subjek yang dibicarakan namun kesulitan untuk mengatakan 'hey, Anda menjadi sedikit merendahkan karena Anda mengasumsikan bahwa saya tidak tahu hal semacam itu hanya karena saya seorang wanita - maka kini Anda cukup mengungkapkannya dengan mengatakan kepada rekan pria tersebut 'hey, Anda mansplaining lagi' - kalimat itu sudah dapat merangkum maksud Anda dengan sangat baik, "katanya.
 
Sementara kata baru populer yang menerima suara terbanyak dari masyarakat tahun 2014 adalah 'share plate' yang merujuk pada - satu porsi menu di restoran yang dirancang terdiri dari beberapa porsi kecil sehingga sejumlah pengunjung dapat berbagi hidangan yang sama.
 
Butler mengatakan pilihan masyarakat ini cukup mengejutkan.
 
"Di masa lalu komite biasanya menemukan kata-kata yang banyak dipilih warga adalah sesuatu yang cukup nyata dan serius yang dianggap merefleksikan kebudayaan dan mood atau emosi pada tahun itu, dan biasanya kata populer pilihan warga adalah sesuatu yang aneh atau lucu,' katanya.
 
"Share plate terdengar tidak aneh sama sekali tapi kata itu menjadi sangat populer dan ada antuasias besar untuk mengggunakannya,"
 
Selain kategori Kata Tahun 2014 dan Kata Paling Populer Pilihan Masyarakat, komite Word of The Year 2014 Kamus macquarie juga mengumumkan pemenang kategori kata terhormat yaitu diantaranya kata lifehacking (kata benda yang menggambarkan strategi atau cara singkat yang digunakan auntuk menyederhanakan atau memperbaiki berbagai aspek dari kehidupan seseorang), binge watching (kata benda - kebiasaan menonton serial favorit di TV, menonton serangkaian episode secara maraton dalam satu kali kesempatan menonton), dan bamboo ceiling (kata benda - halangan yang diciptakan oleh prasangka yang menghambat kemajuan warga Asia di Australia untuk menduduki posisi pemimpin di pemerintahan maupun institusi bisnis).
 
Sementara itu komite memberikan gelar kata yang memalukan (dishonourable) untuk kata selfie stick - sebuah perangkat dengan batang yang dapat diperpanjang untuk memegang kamera atau ponsel pintar, yang memungkinkan penggunanya dapat mengambil foto selfie dari jarak yang tepat dan memasukan lebih banyak objek dalam satu frame.
 
"Gelar kata tidak terhormat untuk selfie stick menjadi tak terhindarkan," kata panitia.