ABC

Mangga Asal India Sudah Dipasarkan di Australia

Sebanyak 400 kardus mangga impor asal India tiba Sydney, Australia, untuk pertama kalinya pekan lalu.

Aturan yang sudah diubah membuka pintu untuk impor dari India. Buah diizinkan masuk ke Australia asalkan sudah melewati proses iradiasi, sebelum diekspor.

Mangga jenis Kesar tersebut dikirim oleh perusahaan Perfection Fresh Australia (PFA).

"Haru saya akui kiriman pertama sedikit mengecewakan," kata Michael Simonetta, direktur eksekutif PFA.

"Buah ini memiliki sedikit noda pada kulit, warnanya tidak seperti yang kami harapkan. Sekarang kami dalam proses untuk mendapatkan warna yang lebih rata dan kemudian ditawarkan untuk dijual.

"Saat memakannya, kualitasnya cukup bagus. Rasanya enak," katanya.

"Tanggapannya baik-baik saja sejauh ini dan di sisi baiknya, sebagai konsumen, saya menilai rasanya lebih enak daripada mangga Keitt asal Meksiko, yang juga sudah ada di pasaran saat ini," jelasnya.

Simonetta mengatakan mangga itu umumnya akan disalurkan ke perritel independen.

"Kami telah menunjukkannya ke supermarket besar, tapi saat ini volumenya terlalu sedikit," katanya.

"Masih percobaan dan belum bisa disimpulkan. Jadi sementara tidak terlalu menyenangkan, masih terlalu awal untuk membuat keputusan."

Indian mangoes
Mangga jenis Kesar dari India telah diekspor ke Australia, untuk pertama kalinya.

Foto: Perfection Fresh

Mangga Alphonso

Michael mengatakan pengiriman mangga Kesar berikutnya dijadwalkan tiba di Perth minggu depan dan kemudian impor mangga Alphonso akan segera dimulai.

"Jenis mangga yang sangat saya sukai, dalam waktu beberapa minggu kami akan mendatangkan mangga Alphonso, yang dikenal sebagai rajanya mangga," katanya.

Skip Twitter Tweet

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

TWITTER: Mango Tweet

"Mangga ini sangat diakui tinggi di India dan di seluruh dunia, dan saya rasa kesuksesan program impor mangga dari India akan dinilai dari mangga Alphonso."

Ia mengatakan masih terlalu awal untuk mengatakan berapa ton yang akan diekspor ke Australia musim ini.

"Harapan saya, kami bisa mendatangkan mangga enak ke Australia, yakni Alphonso, yang secara musiman melengkapi keinginan para pecinta mangga di saat bukan musimnya di Australia," katanya.

"Perdagangan ini akan dinilai secara adil dan jujur, sepenuhnya hanya oleh konsumen Australia."

"Jika konsumen mengatakan mereka menyukainya, dan ada kebutuhan untuk itu, maka kami akan mendatangkannya. Jika sebaliknya, maka kami pun akan menyesuaikannya."

Kepada ABC Rural bulan lalu, Robert Grey dari Asosiasi Industri Mangga Australia, mengatakan jika mangga India memenuhi standar biosekuritas, mereka tidak memiliki masalah dengan perdagangan.

"Posisi kami sebagai bagian dari perdagangan global, jika kita menginginkan akses ke negara lain di seluruh dunia [untuk mengekspor mangga Australia], dengan protokol aman dan tidak membawa hama atau penyakit, maka kami mendukung negara lain memiliki akses ke pasar kita, "katanya.

Diterbitkan oleh Erwin Renaldi pada Senin 8/05/2017 pukul 11:00 AEST. Simak beritanya dalam bahasa Inggris di ABC News.