ABC

Mangga Asal India Akan Masuk ke Australia

Warga Australia akan melihat buah mangga asal India di pasaran dalam waktu dekat, dengan sejumlah bisnis di India berupaya untuk mengekspornya pada musim ini.

Protokol yang sudah direvisi membuka pintu untuk buah mangga impor asal India, asalkan buah yang masuk ke Australia telah melalui proses iradiasi sebelum dieskpor.

Ini bukan pertama kalinya Australia mengimpor buah mangga, negara Meksiko, Filipina dan Pakistan telah mengekspor buah mangga selama bertahun-tahun.

Robert Grey dari Asosiasi Industri Mangga Australia, mengatakan bahwa mangga asal India akan dijual di luar musim mangga Australia.

Menurut Robert, jika buahnya memenuhi standar biosekuritas maka perdagangannya akan baik-baik saja.

"Posisi kami adalah, sebagai bagian dari perdagangan global, jika kita ingin akses ke negara lain di seluruh dunia [untuk mengekspor mangga Australia], asalkan protokol tersebut aman dan tidak membawa hama atau penyakit, maka kita mendukungn negara lain untuk memiliki akses ke pasar kita, "katanya.

Robert mengatakan India juga mulai mengekspor mangga ke Amerika Serikat, namun sulit mengetahui berapa banyak yang akan dikirim ke Australia.

"Di saat India adalah negara dengan pertumbuhan mangga besar, bisnis ekspor mereka sedikit seperti kita," katanya.

"[India akan] menargetkan pasar yang makmur, pasar di mana mereka dapat menempatkan produk dalam jumlah kecil, dengan nilai sangat tinggi."

"Saat ini India mencoba mengirimkan 200 sampai 300 ton mangga ke Amerika Serikat dalam setahun, dan ini adalah volume yang paling banyak [ke Australia] yang saya harapkan."

Varietas berbeda

Salah satu perusahaan India yang ingin mengirim mangga ke Australia adalah Kay Bee Exports.

Kepada Fresh Fruit Portal, kepala eksekutif Kay Bee Export, Kaushal Khakhar, mengatakan semua pengiriman ke Australia akan melalui udara. Ia juga mengatakan untuk permulaan, perusahaan tersebut akan fokus mengekspor jenis varietas Alphonso dan Kesar.

"Alphonso jenis mangga yang sedikit rumit, tapi salah satu varietas terbaik di India," katanya.

"Kesar adalah varietas komersial terbaik karena harganya bagus, rasanya enak, dan sangat mudah ditangani."

Ia mengatakan kesempatan untuk mengekspor mangga ke Australia pertama kali dibuka beberapa tahun yang lalu, namun protokol yang direvisi telah menjadikannya sebagai pilihan yang lebih tepat.

Musim mangga asal India berlangsung dari bulan Maret sampai akhir Juli.

Diterbitkan oleh Erwin Renaldi pada 24/04/2017 pukul 11:00 AEST dari laporan dalam bahasa Indonesia, yang bisa dibaca di sini.