ABC

Mahasiswa Teknik di Australia Bangun Jembatan dengan Pasta

Mahasiswa teknik asal Tasmania membangun model jembatan yang bisa menopang berat badan 3 orang dewasa - dan jembatan ini seluruhnya terbuat dari pasta.

Para mahasiswa di Sekolah Tinggi Maritim Australia (AMC) tengah menimbang efek baik-buruk dari 'cannelloni' dan 'spaghetti' dalam sebuah kompetisi, untuk menguji ketahanan muatan.

Ini adalah bagian dari kompetisi tahunan AMC yang menuntut para siswa untuk mendesain dan membangun stuktur jembatan hanya dengan menggunakan 1 kilo pasta kering dan lem.

Koordinator mata kuliah, Dr Roberto Ojeda, mengatakan, 85 calon insinyur akan berlomba-lomba untuk memecahkan rekor 279 kilogram yang dicetak kampus, tahun lalu.

"Tiga orang dewasa bergantung pada satu kilogram pasta - ini sangat mengesankan. Kami masih jauh dari rekor dunia 570 kilogram, yang hampir seberat mobil kecil," tuturnya.

Sebuah model jembatan yang menggunakan pasta, dibuat oleh mahasiswa Australian Maritime College (AMC). (ABC News: Lauren Waldhuter)
Sebuah model jembatan yang menggunakan pasta, dibuat oleh mahasiswa Australian Maritime College (AMC). (ABC News: Lauren Waldhuter)

 

Roberto mengutarakan, proyek ini didesain untuk mempraktekkan teori yang dipelajari di kelas dan membantu mahasiswa untuk mempertimbangkan sejumlah elemen yang mempengaruhi struktur serta desain jembatan.

Ia berujar, pasta dipilih sebagai material karena kemiripannya dengan beton.

"Beton adalah campuran semen dan air yang diawetkan. Pasta juga dibuat dengan cara yang sama - anda mencampur tepung dan air serta telur dan anda mendapat adonan yang kering dan memiliki karakter serupa dengan beton," jelas Roberto.

Mahasiswa teknik, Nick Eutick, mengatakan, pengujian yang ketat membuat kelompoknya memilih pasta jenis cannelloni, rigatoni dan spaghetti sebagai blok bangunan yang paling efektif untuk desain jembatan mereka.

"Ini tak banyak berfokus pada detil tapi sangat berharga pada akhirnya. Ini akan menjadi ujian saat melihat apakah kami mendapatkan berat maksimum jembatan dan apakah perhitungan kami akhirnya menjadi seakurat mungkin," jelasnya.
 
Ia menyambung, "Saya akan senang jika ini mencapai lebih dari 100 kilogram, tapi apapun- saya akan gembira."

Seorang mahasiswa teknik sedang mengukur pasta yang digunakan dalam desain jembatan.(ABC News: Lauren Waldhuter)
Seorang mahasiswa teknik sedang mengukur pasta yang digunakan dalam desain jembatan.(ABC News: Lauren Waldhuter)