ABC

Lihatlah Keunikan Sydney Dulu dan Sekarang

Setelah menyajikan berbagai foto unik kota-kota besar di Australia dalam 100 tahun terakhir, wartawan ABC John Donegan melanjutkan proyeknya dengan menggabungkan foto tempat yang sama di satu kota, dahulu dan sekarang. Kali ini kita akan melihat tempat-tempat bersejarah di Kota Sydney.

Karena kemajuan teknologi, sekarang proses digital memungkinkan untuk menggabungkan foto yang dibuat 100 tahun lalu di tahun 1914, dengan foto yang diambil sekarang di tahun 2014.

Dalam 100 tahun terakhir, keadaan tentu sudah banyak berubah, misalnya gedung-gedung yang dulunya hanya satu dua tingkat, sekarang sudah menjelma menjadi puluhan tingkat.

Namun kegiatan warga di dalamnya juga sebenarnya tidak banyak berubah.

ina_sydney pitt st

(Photo: 1914 - Koleksi Perpustakaan Nasional NSW: Sam Hood. 2014 - 702 ABC Sydney: John Donegan)

Pitt Street, Sydney, dilihat ke arah selatan dari Rowe Street, yang sama sibuknya di tahun 194 seperti halnya sekarang. Foto asli dari Sam Hood ini menggambarkan perubahan lalu lintas dimana tram dan kereta kuda bersaing dengan mobil di jalanan sibuk ini.

ina_sydney bondi beach

(Photo: 1914 -Koleksi Perpustakaan Nasional NSW: Hall and Co. 2014 - 702 ABC Sydney: John Donegan)

Sebelum munculnya era toko-toko yang menjual souvenir untuk turis dan hotel untuk backpacker, Bondi Beach yang terkenal ini menjadi pusat kunjungan yang populer, seperti juga sekarang. Bukit pasir sekarang sudah digantikan dengan padang rumput.