ABC

Liga Footy Australia Akan Gunakan Stadion Baru di Perth

Kepala Liga Sepakbola Australia (AFL) atau ‘footy’, Gillon McLachlan, telah berkomitmen agar liga ini bermain di stadion Perth yang baru, seiring pembicaraan atas penggunaan fasilitas tersebut terus berlanjut.

AFL dan Pemerintah negara bagian Australia Barat telah melakukan perundingan intensif atas akses ke stadion senilai 1,6 miliar dolar (atau setara Rp 16 triliun) setelah stadion ini dibuka tahun 2018 nanti.

Ada laporan yang menyebut AFL mengancam untuk tetap menggunakan stadion Dockers Fremantle dan West Coast Eagles di Subiaco, karena meningkatnya biaya dan ongkos di stadion baru ini.

Stadion Perth yang baru sedang dibangun di wilayah Burswood dan akan dibuka pada tahun 2018. (Foto: WA Government)
Stadion Perth yang baru sedang dibangun di wilayah Burswood dan akan dibuka pada tahun 2018. (Foto: WA Government)

Tapi Gillon menepis klaim itu setelah usai bernegosiasi dengan Pemerintah.

"Saya belum merenungkan untuk tak bermain di stadion baru yang luar biasa ini di tahun 2018, ini akan menjadi aset yang luar biasa bagi Perth," sebutnya.

Gillon mengatakan, rincian pengaturan dari penggunaan stadion ini masih dibahas.

"Tugas kami adalah untuk memastikan bahwa itu adalah kesepakatan yang adil bagi sepak bola, dan akhirnya, bagi seluruh pihak dalam perjanjian - dan kami tak sabar untuk mencapai kesepakatan ini," harapnya.

Ia belum berkomitmen apakah biaya pengguna sebesar 16 juta dolar (atau setara Rp 160 miliar) per tahun akan bisa diterima.

"Apa yang harus kami dapatkan adalah kesepakatan keuangan yang tepat untuk klub sepak bola ini, hanya untuk memastikan itu adalah kesepakatan yang adil, dan kesepakatan yang adil jelas mewakili pandangan pemerintah dan juga pandangan klub," jelasnya.

Ia menambahkan, "Saya tak tahu apakah itu selesai dalam hitungan hari atau minggu atau bulan, tapi saya pikir semua orang merasa itu akan berjalan ke arah yang benar."

Gillon menolak untuk merinci poin yang alot dalam negosiasi itu.

"Jelas, keuangan adalah salah satu poinnya, ada juga masalah akses dan isu lainnya, itu rincian yang bisa saya berikan. Daftar ini semakin pendek setiap harinya dan mungkin ada beberapa poin alot yang tertinggal, dan saya merasa ini adalah hari yang produktif," ungkapnya.

Gillon mengakui, AFL ingin kepastian yang lebih besar atas akses ke stadion, selama seri final pada bulan September.

Ia juga menegaskan, AFL akan memberikan kontribusi keuangan untuk biaya pembangunan stadion, tapi tak menyebut berapa banyak.

Gillon mengatakan, negosiasi atas penggunaan stadion tak dipengaruhi oleh proses tender yang terpisah yang ditujukan untuk menunjuk suatu organisasi agar bisa mengoperasikan stadion.

"Ada proses panjang ke atah sana dan saya tak benar-benar memiliki visibilitas apapun dalam hal itu, itu adalah proses untuk Pemerintah," tuturnya.

"Kesepakatan ini akan diselesaikan, mudah-mudahan, jauh sebelum 2018," sambungnya.