ABC

Lebih Dari 1 Juta Anak Australia Tinggal Dengan Orang Tua Peminum Berat

Sebuah laporan terbaru menunjukkan, 1 dari 5 warga Australia bertanggung jawab atas tiga perempat dari konsumsi alkohol di negara ini, dengan satu juta orang rata-rata menenggak delapan minuman standard dalam sehari.

Laporan, yang diterbitkan oleh Yayasan (nirlaba) Penelitian dan Pendidikan Alkohol, ini menyebut, industri alkohol sangat bergantung pada sebagian kecil populasi peminum berat untuk tetap bertahan.

Sementara banyak warga Australia mengkonsumsi alkohol dalam jumlah moderat, adalah kebiasaan minum sekitar seperlima populasi Australia yang menyebabkan keprihatinan, kata kepala eksekutif yayasan itu, Michael Thorn.

"Sekitar empat juta warga Australia mengkonsumsi sekitar tiga-perempat dari alkohol yang tersedia," ungkapnya.

Ia menerangkan, "Sekitar satu juta warga Australia minum alkohol, rata-rata, delapan minuman standar sehari - empat kali lipat dari apa yang direkomendasikan otoritas kesehatan sebagai kategori masih aman untuk kesehatan.”

"Sebanyak 5% teratas mengkonsumsi lebih dari 36 liter alkohol murni per orang per tahun," imbuhnya.

Michael menambahkan: "Apa yang telah dilakukan industri alkohol di negara ini ialah menciptakan lingkungan yang sangat alkogenik, di mana alkohol begitu kuat tertanam dalam aktivitas warga setiap hari.”

"Minum bisa diterima secara sosial, belakangan ini, mabuk hampir diterima secara sosial," sambungnya.

Sekitar 10.000 anak dilindungi karena masalah alkohol

Michael mengatakan, industri alkohol menolak perubahan kebijakan publik yang bisa mempengaruhi pajak alkohol di Australia, dan juga perubahan pada penjualan dan pemasaran alkohol.

"Mereka menolak keras ini, dan berpendapat bahwa kebanyakan warga Australia adalah peminum yang bertanggung jawab. Faktanya adalah, mereka tak begitu," pendapat Michael.

"Empat juta dari mereka minum lebih banyak dari apa yang disarankan baik bagi kesehatan mereka," tambahnya.

Michael mengatakan, bahaya dari konsumsi alkohol tingkat tinggi, termasuk resiko kesehatan, begitu jelas.

"Di seluruh Australia, ada kekhawatiran masyarakat yang sangat tinggi tentang baku hantam, misalnya, pada larut malam saat para peminum pergi ke tempat hiburan malam,” sebutnya.

Ia menjelaskan, "Kami juga tahu bahwa jumlah alkohol sungguh signifikan, itu adalah kontributor besar kekerasan dalam keluarga dan rumah tangga. Lebih dari satu juta anak tinggal di rumah tangga di mana kebiasaan minum pengasuh mereka mengkhawatirkan, dan sekitar 10.000 dari mereka berada dalam sistem perlindungan anak sebagai konsekuensi dari kebiasaan minum wali mereka."