ABC

Layanan Kunjungan Psikiater ke Pedesaan Dihapuskan

Otoritas kesehatan di Kota Dubbo di negara bagian New South Wales  (Australia)  menyediakan layanan kunjungan Psikiater bagi warga yang memiliki masalah kejiwaan. Namun karena pengetatan anggaran, layanan ini dihapuskan. Sejumlah dokter menilai kebijakan ini bisa berakibat fatal bagi pasien mereka.

Tiga orang psikiater yang secara rutin mengunjungi pusat terapi kejiwaan di Kota Dubbo terpaksa menghentikan pelayanannya di kota ini lantaran otoritas kesehatan lokal menghentikan anggaran transportasi kunjungan mereka.

Padahal saat ini kemarau sedang melanda banyak kawasan di kota ini, dan biasanya kondisi itu memicu masalah  kejiwaan yang signifikan. Karena itu ketiga dokter tersebut merasa prihatin layanan mereka dikurangi justru disaat terjadi lonjakan kebutuhan pelayanan konsultasi kejiwaan di masyarakat.

Dr. Andrew Frukacz adalah salah satu psikiater yang bepergian ke kota Dubbo sekali sepekan selama  16 tahun terakhir guna memberikan layanan kepada warga dari kawasan barat Dubbo.

Frukacz mengaku tidak mampu lagi melakukan kunjungan rutinnya karena tidak mampu membayar ongkos transportasinya.

"Sejumlah pasien saya cukup tertekan,” katanya.

"Contohnya ada satu pasien yang menelpon saya karena saya selalu mengunjungi dia secara rutin selama 5 tahun terakhir dan tentu saja mereka khawatir kalau harus bertemu dengan dokter baru  dan itu  memicu keresahan di pasien tersebut," katanya.

Dr. Frukacz  akan berhenti memberikan pelayanan di Dubbo pada akhir bulan ini . sementara dua orang psikiater lainnya sudah menghentikan pelayanan sejak Januari kemarin.

Tarif ongkos melonjak

Otoritas kesehatan di kawasan Barat Kota Dubbo tengah melakukan pengetatan anggaran setelah mereka terkena pemotongan anggaran hingga AUD$20 juta.

Kepala Eksekutif, Scott McLachlan mengatakan kota Dubbo harus membayar sebesar AUD$600,000 atau sekitar Rp.6 miliar dalam 6 bulan terakhir untuk tiket pesawat para psikiater itu saja.

"Belum lagi ongkos parkir yang harus dibayarkan dan hal lain.  Itu artinya anggaran tersebut banyak kita gunakan hanya untuk menerbangkan orang, bukannya memberikan pelayanan klinis,” kritiknya.

McLachlan mengatakan pemotongan anggaran perjalanan ini sebagai bagian dari rencana mendorong psikiter untuk tinggal di kawasan itu.

"Karena ada anggaran untuk tiket pesawat ke Dubbo, maka kebijakan itu mendorong banyak psikiater memilih tinggal di Sydney daripada pindah ke kawasan kita atau di Kota Dubbo,' jelas McLachlan.

Namun Dr. Frukacz mengatakan dia khawatir dampaknya  jika ada lebih banyak psikiater yang hengkang dari Dubbo.

"Tidak adanya pelayanan yang tepat bisa menyebabkan orang yang memiliki masalah kesehatan jiwa enggan berobat dan itu tidak akan efektif," katanya mengingatkan.

"Atau  mereka terpaksa harus terbang ke Sydney untuk mengakses pelayanan atau tidak berobat sama sekali. Dan itu dapat menyebabkan penurunan kesehatan mental masyarakat dan berpotensi memicu dampak yang fatal."

Pelayanan penting selama kemarau

Dr.  Choong - Siew Yong dari Asosiasi Medis Australia mengatakan layanan kunjungan ke psikiater ini sangat penting dan perlu didukung, terutama bagi daerah-daerah yang tengah dilanda kekeringan.

"Kita tahu bahwa ketika ada tekanan tertentu di lingkungan setempat - dan kekeringan merupakan salah satu dari tekanan yang paling parah dan sangat abadi bagi mereka  yang bekerja di masyarakat pedesaan - maka kebutuhan kesehatan mental mereka akan naik dan itu sangatlah penting agar mereka peduli dengan kesehatan mental yang baik, " katanya.

"Kita tahu bahwa tingkat bunuh diri dan depresi yang jauh lebih tinggi di masa stres iklim . "

Tapi Presiden Asosiasi Dokter Pedesaan Australia, Ian Kamerman mengatakan harus ada fokus yang lebih besar pada layanan kesehatan jarak jauh untuk menghapus kebutuhan biaya dinas .

"Saya pikir kita harus mampu untuk menyediakan layanan yang lebih seperti itu dan mendapatkan psikiater untuk memberikan pelayaan. Dan itu harus kita upayakan.”

The Western District Health lokal mengatakan mereka yakin hengkangnya tiga psikiater yang biasa memberikan layanan di kawasan Dubbo tidak akan berdampak pada penyediaan layanan kesehatan mental di kota tersebut.