ABC

Layakkah Mengikuti Asuransi Kesehatan Swasta

Heather Carey telah memiliki asuransi kesehatan swasta lebih dari 40 tahun.

"Kami ini generasi yang tumbuh dengan kesadaran bahwa kami melakukan hal yang benar bahwa kita harus memiliki asuransi kesehatan swasta untuk menanggung beban dari sistem publik," kata Heather Carey kepada Program 7.30 ABC.

Tapi saat dia benar-benar membutuhkannya, pihak asuransi swasta justru mengecewakannya sampai dua kali.

"Saya marah karena hal ini telah terjadi pada saya. Kaget dan tertekan," ujarnya seraya menambahkan, "Saya bukan orang bodoh namun telah tertipu.”

Setiap langkahnya menjadi penderitaan bagi wanita berusia 65 tahun ini. Dia harus menunggu cukup lama untuk bisa menjalani operasi penggantian pinggul.

"Saya berada dalam posisi harus menunggu sampai Agustus 2018," jelasnya sambil menangis. "Saya minum banyak obat, memakai tongkat, saya mengatasi rasa sakit."

Lupa mencontreng

Ketika Carey membutuhkan operasi katarak pada tahun 2015, dia mendapati bahwa polis asuransinya tidak menanggung hal tersebut. Maka dia pun harus membayar $ 3.000 untuk setiap matanya.

Karena tidak ingin menghadapi situasi serupa, ia pun merevisi polis asuransinya dan meningkatkan cakupan jaminan asuransinya. Dia yakin kalau dirinya akan dijamin oleh asuransi untuk apapun keluhan kesehatan yang dialaminya.

"Saya kira saya sudah mencontreng seluruh pilihan layanan,” katanya.

"Sekarang saya sangat membutuhkan penggantian pinggul dan pilihan itu tidak dicontreng," katanya, "Saya bisa melakukan rekonstruksi bersama, prostesis tapi bukan penggantian sendi."

Sementara untuk penggantian pinggul saja, dia butuh puluhan ribu dolar.

"Saya tidak mungkin menyediakan sendiri dana tersebut,” ungkapnya. "Kalau $ 30.000 mungkin akan murah."

Carey sekarang bertanya-tanya apakah premi asuransi yang dia bayarkan selama ini layak dia lakukan?

Tersandera

Ketua Asosiasi Medis Australia (AMA) Michael Gannon menggambarkan asuransi kesehatan swasta itu bagaikan orang tersandera.

"Ada orang-orang yang meninggalkan asuransi kesehatan swasta setiap hari, atau menurunkan tingkat perlindungan mereka. Terlalu banyak pasien yang ketika hendak menggunakan asuransinya, mendapati bahwa mereka tidak memiliki pertanggungan yang mereka kira," kata Dr Gannon.

"Begitulah fungsi asuransi kesehatan swasta. Jadi saat Anda sakit dan memerlukan suatu tindakan, anda bisa mendatangi dokter dan rumah sakit pilihan Anda," katanya. "Sistem itu terancam."

Heather Carey
Heather Carey perlu menunggu 12 bulan untuk menjalani operasi penggantian tulang pinggulnya yang akan dicakup dalam polis asuransi kesehatan baru..

Supplied: Heather Carey


Pada tahun lalu, Ombudsman Kesehatan Swasta menerima 5.750 keluhan, meningkat 30 persen selama 12 bulan sebelumnya.

Dengan biaya premi yang terus meningkat, banyak orang Australia berpikir ulang mengenai keikutsertaan dalam asuransi swasta.

Menurut Otoritas Regulasi Prudential Australia, cakupan rumah sakit swasta di Australia pada 2017 jatuh ke tingkat terendah dalam lima tahun terakhir.

Komisi Persaingan dan Konsumen Australia (ACCC) baru-baru ini kalah di Pengadilan Federal yang kasus tuduhan bahwa Medibank Private melakukan tindakan yang salah mengenai perubahan polis asuransi.

Tapi itu tidak akan menghentikan pimpinan ACCC, Rod Sims mengambil tindakan hukum agar industri ini bisa lebih transparan.

"Tanggung jawab dari dana asuransi semacam ini adalah untuk memahami pelanggan mereka dan berkomunikasi secara jelas dengan mereka," katanya.

"Saya kira bukan hanya materi cetakan yang bagus saja yang dibutuhkan untuk dibaca konsumen."

"Jika Anda mendapatkan gambaran sekilas yang lengkap, 'cakupan layanan di rumah sakit yang lengkap', maka bagian bawah dari polis itu harus anda perhatikan. Kalau hal itu tidak tepat, itu tidak sesuai dengan hukum konsumen."

Bisakah disederhanakan?

Menyederhanakan sistem asuransi kesehatan swasta dan menjadikannya lebih baik dari sisi nilai uang merupakan janji pemilu Pemerintah Federal.

Tahun lalu, sebuah komite penasihat menteri dibentuk untuk melibatkan semua pemangku kepentingan guna mempertimbangkan reformasi.

Salah satu rencananya adalah merampingkan kebijakan menjadi kategori emas, perak dan perunggu.

"Saya pikir konsumen dapat mengharapkan pengumuman bersamaan dengan Pemerintah Federal dalam beberapa bulan ke depan mengenai masalah ini," kata Rachel David, dari perwakilan puncak industri, Private Healthcare Australia.

"Terutama sekali tentang bagaimana masyarakat memilih produk asuransi kesehatan mereka dan memastikan bahwa semuanya sepenuhnya sesuai dengan harapan mereka saat mereka menggunakan asuransi kesehatan tersebut."

Sebuah komite Senat parlemen juga tengah menyelidiki nilai dan keterjangkauan asuransi kesehatan swasta, dan akan dilaporkan pada akhir November.

Salah memahami

Mark Fitzgibbon, Direktur Eksekutif Perusahaan Asuransi Kesehatan, NIB, mengatakan dia tidak percaya bahwa polis asuransi kesehatan membingungkan atau tidak diberikan untuk pelanggan.

"Kami membayar klaim rumah sakit sebesar 400.000 tahun lalu, kami tentu tidak membiarkan jumlah peserta asuransi menurun," katanya.

"Kami melakukan yang terbaik untuk memastikan apa yang dijual kepada konsumen itu transparan dan memungkinkan mereka membuat keputusan secara sadar mengenai tingkat pertanggungan apa saja yang paling sesuai dengan kebutuhan, gaya hidup, tahap kehidupan mereka."

"Sejauh sejauh ini saya kira kami telah melakukan fungsi itu dengan baik. Namun setiap saat akan ada konsumen yang membuat kesalahan penilaian mereka sendiri. Tentu akan ada."
Baca juga:

Waspada Serangan Terorisme, Pelancong Penting Pahami Asuransi Perjalanan

Layanan Kesehatan Australia Terbaik Kedua di Dunia

Tapi Dr Gannon berpikir industri ini bisa berbuat lebih baik.

"Yang perlu diperhatikan oleh asuransi kesehatan swasta adalah perlunya perubahan. Mereka harus memahami bahwa masyarakat mempertanyakan manfaat mengikuti asuransi. Asuransi kesehatan swasta perlu lebih jujur mengenai alokasi dana mereka untuk apa saja. Mereka juga perlu bekerjasama dengan para dokter dan rumah sakit serta pemangku kepentingan lainnya untuk memberikan produk yang bernilai," katanya.

Tahun yang panjang

Heather Carey
Heather Carey perlu menunggu 12 bulan untuk menjalani operasi penggantian tulang pinggulnya yang akan dicakup dalam polis asuransi kesehatan baru..

Supplied: Heather Carey

Untuk saat ini, Heather Carey tidak punya pilihan selain menunggu. Dia mengubah dana asuransinya dan memiliki polis asuransi yang mencakup penggantian pinggul. Namun ada masa tunggu selama 12 bulan untuk kondisi yang sudah ada sebelumnya.

Dia juga masuk daftar tunggu operasi pada pelayanan kesehatan publik.

"Saya tidak pernah menduga saya akan berada pada titik seperti ini," katanya.

"Rasa sakit itu sangat hebat. Ini akan menjadi tahun yang sangat panjang."

Simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini.