ABC

Lansia 70 Tahun Hasilkan Ratusan Patung Raksasa Unik dari Kunci Pas

Lumpuh karena polio tidak menyurutkan semangat untuk berkarya dari seorang lwarga Australia di Victoria. Sebaliknya keterbatasannya tersebut mendorongnya menciptakan ratusan karya seni patung unik yang tidak biasa karena terbuat dari kunci pas.

Tiga jam berkendara dari Kota Melbourne, terdapat sebuah komunitas petani Boort,  di area inilah Anda bisa menjumpai seniman paling nyentrik di dunia.

John Piccoli (70)  membuat ratusan patung raksasa dari kunci pas yang dilas. Hasil karya spektakulernya tersebut membuat Ia mendapat julukan baru yakni  Spanner Man alias 'Manusia kunci pas".

Kebunnya dipenuhi dengan puluhan patung yang memiliki ukuran jauh lebih besar dari ukuran sebenarnya mulai dari patung putri duyung, ikan marlin, kuda hingga  gerobak.

Semua karya unik ini berawal dari ketika Picolli menjual seluruh aset pertanian campurannya yang sudah dikelolanya selama 3 dekade dari atas kursi rodanya.

"Saya menderita polio pada tahun 1949. Jadi saya memang tumbuh besar dengan keterbatasan fisik seperti sekarang ini," katanya.

"Begitu saya menjual tanah pertanian saya, saya jadi kehilangan aktivitas rutin sehingga perlu mengisi kekosongan waktu,"

"Dan saya mendapati ada banyak kunci pas didalam kotak perkakas dan saya menjadi punya ide untuk membuat sesuatu dari kunci-kunci pas tersebut dari situlah semua karya Saya ini bermula," tuturnya.

Isterinya Sonia mengatakan suaminya mulai membuat perabotan rumah dan setelah itu mulai menggarap karya seni berukuran besar.

"Suatu hari dia mendatangi saya dan berkata : "Hey kemari dan lihat apa yang saya hasilkan di bengkel," katanya.

"Saya kemudian pergi ke bengkelnya dan mendapati dia berhasil membuat sebuah meja kopi yang sangat cantik dari kunci-kunci pas,"

John menggunakan katrol dan rantai di bengkelnya untuk memindahkan patung dari kunci pas yang sangat berat.

Dia kebanyakan membeli kunci pas di pasar loak yang banyak terdapat di sekitar Victoria atau membeli partai banyak dari toko peralatan setempat.

John Picolli sejauh ini telah berhasil menciptakan lebih dari 100 patung dengan menggunakan lebih dari 100 ribu kunci pas.

Dalam mengerjakan karya seni patung dari kunci pasnya ini, John tidak membuat rencana atau menggambar dahulu bentuk karya yang hendak dibuatnya. Semua dilakukan hanya dari ingatannya.

Dan dengan bangga dia mengklaim belum pernah melakukan kesalahan.

Dengan harga kunci pas sekitar $2, pembuatan patung-patung ini cukup menguras koceknya. Oleh karena itu John harus memutar otak untuk membiayai hobbynya tersebut , akhirnya ia mulai membuka untuk umum rumah tinggalnya.

Dengan hanya sekitar 700 orang warga yang tinggal di Boort, ribuan pendatang yang datang untuk menyaksikan hasil karya John ini secara otomatis menggairahkan usaha masyarakat setempat.

Komite wisata Boort, Paul Haw mengatakan dirinya mengenal John sejak masih dibangku sekolah dan butuh waktu 2 tahun baginya untuk membujuk John agar mau mengizinkan pengunjung datang dan melihat hasil karyanya.

"Tahun pertama John membuka rumahnya untuk dikunjungin warga yang hendak melihat patung spektakulernya itu ada lebih dari 700 orang yang berkunjung - dan jumlah pengunjung terus berlipat ganda setiap tahun, dan sekarang saya kita pengunjungnya mencapai 10 ribu orang per tahun," kata Haw.

Kota Boort beruntung karena sejauh ini, John tidak berencana untuk berhenti membuat patung.

"Rencananya saya akan terus melas kunci-kunci pas ini sampai saya meninggal, itu rencana saya," katanya.

"Saya tidak bermaksud menyia-nyiakan waktu saya di rumah perawatan lansia selama 10 tahun terakhir dalam hidup saya,"

"Saya lebih senang meninggal di bengkel saya ketika sedang mengelas. Itu akan sangat luar biasa,"