ABC

Lahan Pertanian Akan Dibangun di Pusat Kota Sydney

Dewan kota Sydney telah sepakat untuk membuat kebun pertanian di dalam kota. Kebun ini nantinya diharapkan dapat menjadi alat pendidikan bagi siswa sekolah dan sumber makanan bagi masyarakat.

Pengerjaan untuk membuat kebun pertanian di tengah kota rencananya akan dimulai tahun di taman 'Sydney Park'.

Joel Johnson, dari urusan perkebunan dan kenyamanan kota Sydney, mengatakan tujuannya agar membangun pertanian yang mandiri, menghasilkan produk buah-buahan dan sayuran yang melimpah bagi masyarakat lokal.

"Kami berharap untuk mengajar sejumlah sekolah setempat tentang pertanian dan produksi pangan juga beberapa ilmu peternakan, seperti tentang ayam dan hewan kecil lainnya," katanya. "Kedepannya, kami ingin memperkenalkan hewan besar seperti babi atau sapi."

"Saya pikir itu akan menjadi tempat yang bagus untuk anak-anak sekolah, khususnya SD dari seluruh kota Sydney untuk bisa datang dan melihat-lihat, meski dalam skala kecil," katanya.

Pertanian dalam pusat kota diharapkan dapat memberikan pengetahuan soal pangan kepada warga perkotaan. Foto: City of Sydney.

Rencana mengembangkan peternakan di pusat kota ini telah didukung oleh sejumlah ahli pertanian dan kelompok masyarakat. 

Salah satu dukungan datang dari pakar kebun, Costa Georgiadis, yang juga sering tampil di acara televisi.

Georgiadis mengucapkan selamat kepada dewan kota Sydney yang telah dianggap berinisiatif mengubah pemahaman masyarakat soal produksi pangan lokal.

"Ini adalah salah satu perkembangan terbaik yang terjadi di Sydney dalam beberapa dekade - setiap kota harus memiliki proyek ini," katanya.

"Pertanian ini akan menjadi warisan selain juga membantu warga dengan makanan lokal. Ini bisa menjadi tempat yang sangat dicintai untuk memahami bagaimana produk makan dibudidayakan, dimasak, dilestarikan... "

Walikota Sydney, Clover Moore mengatakan pertanian dalam kota akan memberikan kesempatan bagi warga perkotaan untuk belajar tentang kehidupan di pedesaan, selain akan menyediakan produk segar bagi warga..

"Sydney adalah salah satu kota di Australia yang belum memiliki pertanian kota, namun ada sejumlah dukungan masyarakat yang cukup mengejutkan - 95 persen dari orang-orang yang ikut studi kelayakan mengatakan mereka menginginkan pertanian dalam kota," kata Walikota Sydney.