ABC

Laga Penuh Gangguan Bagi Nick Kyrgios di Babak Kedua

Nick Kyrgios harus menahan diri untuk tidak terganggu oleh seorang penonton yang berulah dan suara keras dari sebuah helikopter yang terbang diatas lapangan tempatnya bertanding sebelum akhirnya mampu mengalahkan Viktor Troicki dan maju ke putaran ketiga Australia Terbuka.

Kyrgios mengalahkan petenis Serbia, Viktor Troicki 7-5, 6-4, 7-6 untuk membukukan laga dengan petenis veteran Prancis Jo-Wilfried Tsonga di babak 32 besar, seiring dengan kemampuannya menunjukkan kedewasaan yang mengagumkan untuk mengesampingkan sejumlah gangguan.

Petenis peringkat teratas Australia itu sedang akan melakukan servis di awal set kedua saat seorang penonton berdiri di kerumunan bangku penonton di Hisense Arena, berteriak keras saat tampil untuk memfilmkan dirinya di teleponnya.

Penonton tersebut dipindahkan dari stadion oleh petugas keamanan, sebelum sebuah helikopter menambahkan suara bising yang tidak perlu, karena melayang kencang di atas Melbourne Park dengan durasi cukup lama sekitar dua pertandingan.

penonton berulah di pertandingan Nick Kyrgios vs Viktor Troicki
Seorang penonton terlihat berulah di tengah kerumunan penonton selama berlangsungnya pertandingan Nick Kyrgios vs Viktor Troicki.

AAP: Julian Smith

Nick Kyrgios juga sempat terlihat frustasi dengan waktu yang dihabiskan Troicki di antara beberapa poin dan mengeluhkan umpan balik dari mikrofon wasit, dimana akhirnya wasit James Keothavong memilih untuk mematikannya dan meneriakkan skor.

Tapi kejengkelan Kyrgios ini terlupakan saat ia berhasil menyelesaikan kemenangan dua set dalam dua jam dan 12 menit.

"Ini pertandingan yang tidak biasa, sangat sulit untuk bermain dengan baik saat banyak hal yang terjadi [di sekitar lapangan]," kata Kyrgios.

"Saya tahu bahwa Vik adalah seorang pemain yang tidak mudah menyerah dan saya tahu saya harus tetap berpegang teguh pada strategi saya.

"Dia beberapa kali mengandaskan servis saya di pertandingan tersebut dan saya mulai panik dan saya hanya mencoba menahan servis dan mencoba menyelesaikannya.

"Saya beruntung tapi itu pertandingan yang sulit dan saya senang bisa melewatinya."

Kyrgios membukukan kemenangan ini berkat dukungan pukulan forehand yang bertubi-tubi dan servis yang luar biasa lainnya, tercatat sebanyak 17 servis Kyrgios yang tidak bisa dikembalikan oleh Viktor dan hanya sempat tertinggal 11 poin pada servis-servis pertamanya.

Nick Kyrgios
Suara bising sebuah helikopter merupakan salah satu gangguan yang harus dihadapi oleh Nick Kyrgios dalam pertandingannya di babak kedua.

AAP: Julian Smith

Di pertandingan berikutnya Kyrgios akan berhadapan dengan petenis  Perancis Jo-Wilfried Tsonga. Kyrgios sebelumnya baru satu kali berhadapan dengan petenis nomor 15 dunia tersebut, saat petenis Perancis itu mengalahkannya di Marseille dalam tiga set tahun lalu.

Tsonga, 32, melaju ke final Australia Open 2008, namun ia kalah dari Novak Djokovic.

Sementara itu, petenis putera Australia lainnya, Matthew Ebden terhenti langkahnya di putaran kedua.

Ebden, petenis nomor dua Australia yang saat ini menempati peringkat 78 pada peringkat ATP World Tour, dikalahkan petenis Ukraina Alexandr Dolgopolov 7-6, 6-3 6-4 di Margaret Court Arena.

Dolgopolov, petenis nomor 37 dunia ini harus mengatasi saat yang aneh di awal set kedua saat ia kehilangan sepatunya dan wasit sempat juga dihadirkan ke lapangan menyusul protesnya karena kehilangan poin.

ABC / AAP

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.