ABC

Kutu Rambut di Canberra Makin Resisten dengan Obat

Upaya selama bertahun-tahun yang dilakukan warga di Canberra dalam mengatasi kutu rambut ternyata malah membuat hama yang membuat kepala gatal ini semakin sulit dibasmi.

“Resistensi menjadi tidak terelakan, karena pengobatan yang dilakukan dengan dosis yang rendah dalam periode waktu yang cukup lama yang dipraktekan warga di Canberra. Kutu rambut menjadi resisten dan kemudian populasinya bertambah,” kata Profesor Frank Bowden, pakar penyakit infeksi dari Fakultas Kedokteran Universitas Nasional Australia.

“Penyebab mengapa kepala Anda gatal ketika ada kutu rambutnya adalah karena kutu rambut itu meminum darah anda. Gigitannya menyebabkan kepala menjadi gatal,” papar Bowden.

Meskipun rata-rata tingkat kekebalan kutu rambut terhadap obat saat ini  lebih besar, namun menurut Profesor Bowden warga tidak perlu menggunakan obat pembasmi kutu rambut yang tersedia di pasar sekarang ini secara berlebihan.

Memiliki kutu rambut di kepala memang menjengkelkan, namun kehadiran mereka tidak berdampak buruk terhadap kesehatan. Kasus infeksi sekunder akibat kutu rambut hanya dijumpai  di daerah tropis yang disebabkan karena garukan yang berlebihan.

Makin bersih rambut, makin mudah kutu bertelur

Lalu bagaimana jika anda atau biasanya anak-anak memiliki kutu rambut, bagaimana cara membasminya?

Profesor Bowden mengatakan ada semacam kebingungan mengenai bagaimana cara terbaik untuk mengatasi hama kutu rambut.

Ada mitos yang menyatakan kurang menjaga kebersihan diri menjadi penyebab seseorang memiliki kutu rambut, dan hal ini memicu stigma memalukan.

“Kutu rambut itu tidak ada hubungan sama sekali dengan kebersihan, sejumlah orang berargumen semakin bersih rambut, maka semakin mudah kutu rambut bertelur di helai rambut,” kata profesor Bowden.

Mereka yang memiliki rambut panjang lebih rentan terkena kutu rambut, tetapi mengikat rambut Anda juga tidak akan mengurangi kesempatan Anda untuk mencegah kutu menyusup ke rambut anda.

Mengganti seprai juga tidak akan berhasil, kutu ingin menempel di kepala anda bukan di seprai anda.

"Kutu rambut tidak dapat hidup tanpa menempel pada manusia dalam jangka waktu yang lama ... mereka adalah vampir kecil.

Meski kurang ampuh, namun profesor Bowden menilai alat sisir tradisional masih menjadi alat yang direkomendasikan sebagai langkah awal dalam menghilangkan kutu rambut.

Profesor Bowden mengatakan siklus berkembang biaknya kutu rambut sekitar tujuh hari, jadi dibutuhkan dua perlakuan untuk mengalahkan kutu rambut tersebut. Yakni pertama, membunuh kutu yang sekarang hidup di rambut Anda dan meminum darah Anda dan kedua membunuh anak-anak mereka.

Telur kutu yang belum menetas, biasanya berwarna hitam dan masih menempel di rambut anda itu juga harus dihilangkan.

louse head

Untuk mengatasi kasus kutu rambut di kepala yang sulit ditangani, obat oral Ivermectin mungkin diperlukan.

Ivermectin, pertama kali digunakan untuk mengobati parasit pada domba, namun sekarang telah dikembangkan sehingga bisa digunakan juga untuk manusia dan sekarang menjadi obat yang direkomendasikan serta tercantum dalam pedoman antibiotik Australia. Ivermectin tersedia di apotik dan harus dengan resep dokter.