ABC

Kuda Almandin Juara Melbourne Cup 2016

Pemilik kuda, Lloyd Williams berhasil memenangkan piala Melbourne Cup untuk yang kelima kali menyusul kemenangan kuda impornya, Almandin dalam event pacuan kuda terbesar di dunia - Melbourne Cup 2016.

Almandin mengalahkan kuda Irlandia Heartbreak City dan mempersembahkan hadiah sebesar $6,2 juta atau sekitar Rp62 miliar bagi Group One di arena pacuan kuda Flemington.
Almandin, ditunggangi oleh joki Kerrin McEvoy dan dilatih oleh Robert Hickmott, berhasil mengalahkan kuda bernama Heartbreak City dan kuda favorit dari Godolphin yakni Hartnell.
McEvoy — yang sebelumnya juga pernah memenangkan Melbourne Cup dengan kuda Brew di tahun 2000 — berhasil memacu kudanya dengan sempurna sehingga bisa berada di barisan terdepan pada akhir balapan, dimana Almandin dan Heartbreak City, yang ditunggangi oleh Joao Moreira bersaing sengit mencapai garis finish.
Bagi pemilik kuda Almandin, Lloyd Williams, ini merupakan piala Melbourne Cup yang kelima kali menyusul kemenangan kuda-kuda miliknya yakni Just a Dash (1981), What a Nuisance (1985), Efficient (2007) dan Green Moon (2012).
Dia berhasil menyamai rekor 5 kali memenangkan Melbourne Cup yang pernah diraih oleh pemilik dan pelatih kuda ‘19th Century’ warga perancis Etienne de Mestre dan John Tait, serta Bart Cummings mitra dari Dato Tan Chin Nam.

Diterjemahkan pada pukul 12:05 WIB, 1/11/2016, oleh Iffah Nur Arifah. Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.