ABC

Kualitas Udara Melbourne Kemungkinan Memburuk Lagi Karena Asap Kebakaran

Ancaman kebakaran semak menurun di sebagian besar wilayah Australia, terutama di negara bagian Victoria selama beberapa hari terakhir, karena cuaca yang lebih dingin.

Kualitas udara memburuk lagi

  • Kualitas udara di kota Bright, di kawasan pegunungan berada di tingkat 'bahaya'
  • Kualitas udara di Melbourne memburuk mulai Senin dan baru membaik hari Rabu
  • Peringatan darurat kebakaran di High Country dan East Gippsland diturunkan ke tingkat siaga

Namun, kualitas udara diperkirakan memburuk selama beberapa hari ke depan.

Kualitas udara, terutama di negara bagian Victoria, termasuk Melbourne, memburuk akibat asap dari kebakaran semak yang masih menyelimuti beberapa wilayah.

Hari Senin (13/1/2020), kualitas udara di kota Melbourne masih dalam kategori "bagus" namun diperkirakan menjadi "sangat buruk" di sore hari.

Kualitas udara paling buruk yang terpantau di negara bagian Victoria menurut catatan stasiun montor adalah di kota Bright, 326 km dari ibukota Victoria, Melbourne.

Di kota kecil yang berada di kawasan pegunungan tersebut kualitas udaranya sudah dalam taraf "berbahaya", tingkat kualitas udara paling buruk dalam skala Otoritas Perlindungan Lingkungan Australia (EPA).

Direktur EPA di Victoria, Marleen Mathias, mengatakan prakiraan kualitas udara di seluruh negara bagian akan "buruk" atau "sangat buruk" sepanjang hari.

A blood-red moon against a black night sky.
Bulan yang tampak merah di atas kota Bright, Victoria karena asap yang menyelimuti kawasan tersebut hari Minggu (12/1/2020).

Instagram: @carol.binder.73

Namun Marleen mengatakan kualitas udara di kawasan yang padat penduduk, seperti di Melbourne atau Geelong, tidak akan seburuk minggu lalu.

Saat itu panggilan darurat ambulans akibat serangan asma dan gangguan kesehatan akibat polusi naik 51 persen.

"Tentu saja warga harus peduli saat mereka dapat mencium bau asap, mereka harus ambil tindakan pencegahan dan tinggal di dalam ruangan kalau merasa kesehatannya terganggu," katanya.

A grey haze hangs over the Melbourne CBD, viewed from a helicopter.
Kabut asap tampak menyelimuti pusat kota Melbourne hari Senin (13/1/2020) dimana kualitas udara sepanjang hari di Victoria masuk dalam kategori sangat buruk.

ABC News

Marleen mengatakan EPA memperkirakan kualitas udara akan membaik di kawasan Melbourne pada hari Rabu, namun menyarankan warga untuk memantau perkembangan udara secara teratur.

Menuruntnya, bila warga bisa mencium bau asap, maka sebaiknya mereka membatasi kegiatan di luar ruangan.

Morning sun over suburban houses coloured an unusual shade of orange due to smoke haze.
Matahari yang diselimuti kabut asap dari kebakaran hutan di atas kawasan pemukiman Thonrbury hari Senin (13/1/2020).

ABC News: Will Jackson

Petugas pemadam kebakaran akan berusaha memanfaatkan situasi sebaik mungkin pekan ini, karena cuaca yang lebih bersahabat.

Kebakaran besar masih terjadi di kawasan East Gippsland, kawasan pegunungan yang disebut Alpine Regional dan juga di dekat Corryong.

Lihat berita selengkapnya dalam bahasa Inggris di sini.