ABC

Kru Program 60 Minutes ABC Didakwa Kasus Penculikan Anak di Libanon

Empat anggota kru program 60 Minutes ABC hari ini akan resmi didakwa melakukan pelanggaran pidana percobaan penculikan anak di Lebanon.

Kru TV Channel Nine termasuk reporter Tara Brown juga termasuk dalam sekelompok orang  yang ditangkap setelah  upaya pengambilan paksa dua orang anak dari ibu asal Australia, Sally Faulkner di sebuah jalan raya di Ibukota Libanon, Beirut gagal dilakukan.

Kru 60 Minutes akan disidangkan secara individual untuk menerima dakwaan resmi mereka. 
 

Berdasarkan UU pidana yang berlaku di Libanon, Mereka terancam dipenjarakan  lebih dari tiga tahun.

Otoritas Libanon mengklaim mereka memiliki bukti-bukti kalau kru Channel Nine membiayai penculikan anak yang gagal tersebut.
 
Selain itu otoritas Libanon juga mengatakan memiliki pernyataan dari anggota "tim pemulihan" dalam upaya penculikan itu dan mengatakan Channel Nine membayar $115.000 untuk operasi penculikan itu.
 
Meski demikian, pernyataan itu belum bisa dikonfirmasi.  ABC juga mengatakan belum melihat pernyataan itu dan juga tidak dapat mengkonfirmasi klaim Pemerintah Libanon tersebut.
 
Pihak berwenang Lebanon juga telah diklaim memiliki rekaman penculikan gagal tersebut, yang menunjukkan wajah seorang juru kamera Channel Nine.

ABC belum melihat rekaman itu dan pihak berwenang tidak bisa mengatakan jika gambar itu diambil ketika operasi penculikan berlangsung atau sebelumnya.
 
Channel Nine telah membantah awak medianya terlibat dalam tim pemulihan yang berusaha mengambil anak-anak tersebut dan mereka justru sedang merekam insiden tersebut ketika mereka ditahan.
 
Kasus dugaan penculikan  ini tampaknya dilakukan secara sengaja sebagai upaya untuk membawa kembali anak-anak tersebut ke Australia setelah ayah mereka yang berkebangsaan Lebanon, Ali el-Amin, membawa mereka ke Lebanon tahun lalu dan menolak untuk mengembalikan mereka ke Australia.
 
Setelah insiden upaya penculikan ini kedua anak tersebut telah dikembalikan kepada ayah mereka.