ABC

Kroket Picu Rebutan Klaim di Parlemen Australia

Kudapan Chiko Roll (sejenis kroket) selama puluhan tahun telah menimbulkan perbedaan pendapat di kalangan masyarakat Australia – dan sekarang kudapan ini pun turut memicu perbedaan sikap dikalangan anggota Parlemen Federal Australia.

Sebanyak 3 anggota parlemen federal mengklaim kota mereka – dan hanya kota mereka saja – sebagai daerah asal kelahiran makanan cemilan yang satu ini.
Persaingan antar kota ini mencuat setelah anggota parlemen dari Partai Nasional asal NSW, Andrew Gee mempertaruhkan klaim Kota Bathurst sebagai daerah asal kudapan chiko roll dalam pidato pertamanya di Parlemen Federal.
"Jika itu Tic Tac atau Nutella dan Anda mengaku menikmatinya ... mereka pasti dibuat di Lithgow," kata anggota parlemen dari daerah pemilihan Calare tersebut.
"Atau jika anda lebih menyukai kudapan ikonik Chiko roll Australia... mereka dibuat di Bathurst."

Chesters dan McCormack berseteru soal Chiko roll pada tahun 2015
Chesters dan McCormack berseteru soal Chiko roll pada tahun 2015.

Supplied: Lisa Chesters.


Sementara politisi dari Bendigo di Victoria dan Wagga Wagga di NSW dengan cepat merespon pernyataan itu dengan menegaskan klaim bahwa makanan olahan itu berasal dari kota mereka.
"Chiko roll ini diluncurkan pada 1951 dalam event Pertunjukan Pertanian Masyarakat Wagga Wagga! Kata anggota parlemen untuk Riverina Michael McCormack.
"Kami punya di Museum Riverina di Wagga Wagga sebuah chiko roll dari emas yang diberikan kepada kami oleh produsennya sebagai bentuk pengakuan fakta bahwa Wagga Wagga adalah rumah dari Chiko Roll."
Sementara anggota parlemen dari Partai Buruh untuk Bendigo Lisa Chesters menilai pernyataan ini adalah pencurian identitas Chiko Roll yang "keterlaluan".
"Ini keterlaluan sekali bahwa anggota parlemen asal NSW... bisa mencoba dan mengklaim kredit untuk Chiko roll ... kudapan ini diciptakan di Bendigo oleh warga Bendigo," katanya.
"Saya akan mendesak Partai Nasional untuk melakukan penelitian, setidaknya mulai dengan meneliti bagian belakang kemasan chiko roll yang bertuliskan Chiko roll diciptakan di Bendigo."
Bagian dari sejarah Australia
Frank McEncroe mengubah wajah menu takeaway di Australia setelah berhasil menciptakan makanan kudapan chiko roll sekitar tahun 1950.
McEncroe dilahirkan di Castlemaine sebelum akhirnya bekerja di Bendigo sebagai petugas perebuh yang juga menjual makanan di acara-acara pertanian.
Pada tahun 1951, dia menawarkan chiko roll pertama kali untuk dijual di Wagga Wagga show.
Perusahaan makanan Simplot sekarang memproduksi chiko roll di Bathurst.
"Chiko rol merupakan bagian dari sejarah Australia, memang sudah begitu adanya, misalnya sama seperti Monaro, kendaraan pertanian berwarna putih, baggy green - topi pet berwarna hijau khas Australia, kita juga punya chiko roll,” kata Gee.

"kami tentu saja tidak iri dengan bagian dari sejarah Chiko Roll Wagga Wagga, tapi faktanya adalah rumah dari Chiko Roll memang di Bathurst dan makanan ini sudah diproduksi di Bathurst sejak 1995."

Anggota Partai Nasional untuk Riverina Michael McCormack dan anggota parlemen partai Nasional asal NSW Andrew Gee
Michael McCormack dan Andrew Gee sepakat atas daerah asal kudapan chiko roll.

ABC News: Dan Conifer


McCormack – yang juga Menteri Usaha Kecil – sebelumnya mengatakan Komitmen Wagga Wagga atas kudapan yang terbuat dari daging sapi, wortel dan kubis dan bahan-bahan lainnya ini.
"Kudapan ini sangat ikonik, dan semua orang suka Chiko Roll, saya bahkan pernah memakan chiko roll yang sudah dibekukan selama satu tahun dan saya melakukannya untuk promosi ketika menanggapi klaim palsu oleh Anggota parlemen untuk Bendigo yang mengklaim sebagai daerah asal chiko roll,” katanya.
"Saya berpikir kita mungkin perlu menghadap ke juru bicara parlemen untuk melakukan sedikit intervensi mengenai isu ini, karena klaim chiko roll ini benar-benar sudah meningkat," kata Lisa Chesters.
Anggota parlemen yang baru terpilih Andrew Gee mengatakan kepada parlemen ia pikir Perdana Menteri, Malcolm Turnbull, adalah seorang penggemar Chiko Roll.
Chiko Roll
Bagian belakang kemasan Chiko Roll yang mengklaim kudapan ini lahir di Bendigo.

Supplied: Lisa Chesters


"Saya menegaskannya dengan menyapa beliau sebagai 'PM Turnbull adalah Chiko man'," kata Gee.
McCormack sepakat. "Sudah demikian adanya," katanya.
Gee melanjutkan, "Barnaby [Joyce], juga penggemar Chiko Roll... sebagian besar anggota partai Nasional juga menggemari Chiko Roll, mari kita terima hal ini."
Anggota parlemen dari Calare— mantan politisi Negara Bagian NSW— mengatakan dia akan mengundah pemimpin Partai Nasional dan Partai Liberal ke Bathurst untuk menyaksikan sendiri sejarah dari Chiko roll ini.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

Diterjemahkan pukul 13:35 WIB, 15/9/2016, Oleh Iffah Nur Arifah.