ABC

Kritikus Ternama Australia Puji Film The Raid 2

Film laga The Raid 2, yang dibuat di Indonesia dan menampilkan aktor-aktor Indonesia seperti Tio Pakusadewo dan Yayan Ruhian, namun disutradarai Gareth Evans asal Inggris Raya, tengah diputar di Australia. Film ini diulas oleh dua kritikus film ternama di Australia: Margaret Pomeranz dan David Stratton.

Pomeranz dan Stratton terkenal antara lain karena tiap minggu tampil dalam acara pengulasan film ABC berjudul 'At The Movies'. Keduanya sudah mengulas film sejak tahun 1980an.

The Raid 2 adalah lanjutan dari The Raid, yang pada tahun 2011 meraup sukses di Indonesia maupun di dunia internasional.

Di bawah ini adalah cuplikan-cuplikan ulasan Pomeranz tentang The Raid 2:

"Tokoh jagoan pemberani dan banyak akal Rama - Iko Uwais -  terpaksa menjalani hukuman penjara pura-pura demi menyusup ke dalam salah satu keluarga penjahat Jakarta, mengambil hati Uco - Arifin Putra, yang juga sedang menjalani hukuman. Banyak adegan bela diri di sini."

"Namun, jalan cerita menjadi rumit saat keduanya bebas. Uco sudah muak karena ayahnya tak mendukungnya jadi pemimpin, hingga Ia bersekutu dengan preman yang tengah naik daun, Bejo-Alex Abbad, demi menjatuhkan ayahnya dan juga dinasti mafia lain yang dipimpin yakuza Jepang."

"Ini memang jenis film yang cocok bagi orang-orang yang suka adegan-adegan yang berlangsung lama - dan juga yang tak realistis - yang menampilkan seni bela diri. Kenapa mereka menunggu, satu demi satu, saat menyerang jagoan kita, kenapa mereka tidak mengeroyoknya saja? Saya tak bisa paham itu. Tapi, penyutradaraan Gareth Evans amat bagus. Ini apa adanya dan pelaksanaannya bagus. Bagi saya, adegan-adegan laganya lama sekali, dan butuh lama memahami siapa tokoh-tokoh yang terlibat. Namun, film ini menegangkan, karismatik dalam caranya sendiri. "

"Film yang pertama sangat sederhana, hanya sekitar satu setengah jam. Namun, mungkin agak berlebihan jika berlangsung selama dua setengah jam seperti ini."

David Stratton juga memuji penyutradaraan Evans, namun Ia tampak bingung dan agak geli karena ada salah satu adegan di mana salju jatuh di Jakarta.

Keduanya memberi penilaian tiga setengah bintang. Nilai tertinggi adalah lima bintang.

The Raid 2 diberi batasan umur penonton 18 ke atas di Australia.