ABC

Kreasi Unik dari Kandang ’Patroli Tikus’ di Canberra

Canberra dikenal sebagai kota yang sangat ramah bagi pengendara sepeda karena memiliki kontur semak alam dan lajur khusus sepeda yang lebar. Namun tidak semua kelompok penggemar olahraga sepeda disana menggunakan celana ketat dan alat perlengkapan sepeda terbaru.

Salah satu klub pecinta olahraga sepeda di Canberra Patroli Tikus (Rat Patrol) memiliki kebiasaan yang sangat bertolak belakang dengan pengendara sepeda pada umumnya.

Komunitas pencinta sepeda ini justru memiliki kesenangan mendaur ulang sepeda-sepeda yang tidak lagi digunakan atau dibuang oleh pemiliknya dan mengubahnya menjadi sepeda  yang penuh manfaat dan bercitarasa seni.

Rat Patrol

Angota klub Rat Patrol di Canberra akan melakukan balapan tikus 

Patroli tikus sendiri merupakan gerakan global yang berawal di Amerika dan kemudian meluas ke seluruh dunia melalui inisiatif perseorangan.

Keyakinan atau filsafat mendasar klub sepeda ini adalah para anggotanya yang hendak bergabung harus membuat sepeda sendiri dengan menggunakan berbagai suku cadang bekas.

"Tidak ada sepeda milik klub Rat Patrol yang bermula dari sepeda utuh yang baru dipajang di toko,”  tutur salah satu anggota Rat Patrol Dan Watters.

"Ada begitu  banyak sampah di lingkungan kita, karenanya kita tidak perlu menambah jumlah sampah itu lagi dengan membeli sepeda baru,” tambahnya.

"Kami hanya perlu sepeda yang layak pakai kemudian kami memompa bannya,” katanya lagi.

"Kami tidak Anti-sepeda baru dan tentu saja ini memang klub khusus,”katanya.

"Tapi tidak akan ada pernah dijumpai ada anggota kami yang memakaai celana ketat khusus olahraga,” katanya.

Anggota Rat Patrol lainnya, Nic Welbourne mengaku klub yang diikutinya mendorong pengembangan ketrampilan dan membuat anggotanya kreatif.

"Imajinasi merupakan hal mendasar organisasi ini. apa yang ingin anda  buat? Anda ingin membuat helikopter, sepeda kayuh rendah, sepeda tinggi, sepeda roda 3 atau sepeda 4 roda 4? Silakan saja,” katanya.

"Biasanya awalnya kami mengais-ngais di  tempat barang bekas dan menemukan kerangka sepeda tua atau barang-barang lainnya, setelah itu kami akan mulai merakit sepeda tikus sendiri, mereka diundang ke dunia Rat Patrol,"  katanya lagi.

Rat Patrol

Sepeda milik anggota Klub Patroli Tikus yang digandeng dengan rak DJ dibelakangnya.


klub sepeda tikus ini menggelar acara balap sepeda tikus, hari tantangan dan acara puncak yang ditunggu-tunggu anggota klub ini yaitu Olimpiade Patroli Tikus.

Anggota klub ini  Daniel Gleeson pernah mengikuti permain dengan menggunakan setelan tikus raksasa yang ditemukan di sebuah pesta.
"Kami menemukan itu ketika kami sedang bersih-bersih dan awalnya kami kira itu kostum koala atau yang lain,” tutur.

"Tapi kemudian kami melihat kostum itu memiliki ekor yang sangat panjang dan itu pasti tikus." tururnya.

Dorong kreatifitas di masyarakat

Meski kebanyakan dari kreasi yang dibuat oleh anggota klub patrol tikus ini didasarkan pda ornamen dan bahkan juga memiliki sisi artistik.

Namun, baik desain sepedanya  praktis atau menyenangkan, menurut Aidan Murray dari Pusat Pembelajaran Teknologi Questacon klub seperti ini menawarkan ruang sebagai sebuah situs untuk kreativitas.
 
"Komunitas para pembuat kreasi seperti ini dapat datang dan berbagi pikiran mereka mengenai konsumerisme dan masyarakat dan membangun komunitas mereka," katanya.

"Kami menemukan bahwa banyak sekali orang tidak memiliki ruang, jadi kami menawarkan kepada mereka pengalaman di mana mereka bisa datang dan melihat apa yang dilakukan orang dan kami dapat menawarkan mereka ruang untuk juga membuat dan merakit sesuatu,”

Mr Gleeson mengatakan bagian terbaik dari Patroli Tikus adalah kesempatan untuk berbagi kreasi dengan kelompok dan komunitas yang lebih luas di Canberra.