ABC

Kota yang Berbudaya Bagi Penghuni Akan Lebih Menarik

Melbourne kembali dinyatakan sebagai kota paling layak huni di dunia. Kota-kota yang layak huni selalu menjadi tempat yang diminati oleh pekerja, dan Melbourne kembali menjadi bukti adanya perpaduan antara inovasi di bidang bisnis dengan kehidupan budaya yang marak.

Sudah menjadi kesepakatan bahwa karir yang berkualitas dan pertumbuhan ekonomi menjadi faktor penting guna membuat sebuah kota menjadi lebih layak huni. Namun untuk menarik para pekerja yang super trampil, kalangan bisnis harus menekankan pada pencarian bakat, dan menciptakan tempat kerja yang memberikan sumbangan bagi kehidupan budaya.

Orang biasanya memilih tempat untuk tinggal berdasarkan pekerjaan yang mereka dapatkan dan pengalaman hidup sehari-hari di dunia kerja akan menentukan apakah kita akan bertahan di sana. Itulah mengapa mencari pekerja yang trampil akan menentukan keberhasilan sebuah bisnis, dan juga membantu sebuah kota untuk berkembang maju.

Banyak perusahaan sekarang menyadari bahwa membangun tim kerja yang memiliki motivasi tinggi adalah bagian penting agar para pekerja di sana bertahan lebih lama. Mereka sadar bahwa keterlibatan yang lebih tinggi dari pekerja mereka akan meningkatkan produktivitas.

Pekerja Trampil Bisa Hidup Dimana Pun

Dalam sebuah laporan mengenai dampak gangguan di bidang digital yang diterbitkan oleh Center of Economic Development of Australia yang berjudul "Australia's Future Workforce?, Profesor Steven Callander menulis bahwa 'pekerja yang memiliki ide yang bisa dijual di pasar dunia akan tinggal d tempat yang suasananya menyenangkan."

Dia mengatakan sebuah kota layak huni juga merupakan langkah awal bagi sebuah inovasi yang akan berkembang dengan sendirinya.

"Sebuah kota yang lebih layak huni akan menarik pekerja yang trampil, yang akan membuat perubahan, sehingga kota itu akan menjadi lebih layak huni lagi."

Ketika seorang pekerja memiliki ketrampilan yang dibutuhkan secara global, hanya organisasi yang memiliki prinsip nilai yang jelas dan memiliki kondisi kerja yang menarik, yang bisa bersaing mendapatkan mereka.

Populasi Melbourne, kota kedua terbesar di Australia tumbuh dengan cepat, sebagian besar karena perusahaan yang beroperasi di sini memiliki kelebihan.

Tempat kerja yang berpikiran maju selalu menjadi daya tarik bagi pekerja yang trampil, namun para pekerja trampil ini juga hanya ingin tinggal di sebuah kota yang memiliki kawasan hijau yang cantik, pemukiman yang menyenangkan, dan budaya yang hidup.

Kombinasi Lokasi dan Budaya Membuat Tempat Kerja Menyenangkan

Kita menghabiskan banyak sekali waktu di tempat kerja, jadi adalah hal yang wajar para pekerja tertarik dengan pekerjaan mereka di kota-kota yang layak, namun juga memperhatikan lingkungan yang menawarkan kehidupan profesional yang bagus.

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap para pekerja di bidang IT di Amerika Serikat yang dilakukan oleh situs pencari kerja Indeed.com menemukan bahwa banyak orang tidak saja tertarik bekerja di klota yang memiliki 'budaya teknologi (tech culture), mereka juga ingin menjadi bagian dari gaya hidup dan komunitas di sana.

Sebagai contoh Silicon Valley menjadi pilihan yang populer karena dibangun atas sistem manajemen yang unik yang menekankan pada bakat yang inovatif seperti pendekatan yang berpusat pada pekerja, proses yang luwes, dan inovasi yang sudah tertanam.

Melbourne dengan cepat menjadi salah satu tujuan penting bagi para pekerja, dengan alasan yang sama.

Artikel ini diproduksi pemerintah negara bagian Victoria.