ABC

Koprensi Bahas Kekerasan Anak Muda di Melbourne

Para pakar di bidang kriminalitas dan kepemudaan berkumpul di Melbourne guna mendiskusikan semakin meningkatnya kekerasan, yang dilakukan kelompok geng anak-anak muda, menyusul beberapa pembajakan mobil dan perampokan.

Sekitar 200 perwakilan dari sekitar 80 organisasi hadir dalam pertemuan yang diselenggarakan oleh Kepolisian Victoria di Stadion Melbourne Cricket Ground guna mendiskusikan apa yang digambarkan sebagai meningkatnya tindak kekerasan yang dilakukan sejumlah kecil kriminal.

Forum tersebut akan mengkaji siapa saja yang rentan untuk terlibat dalam kegiatan seperti ini, pengunaan narkoba, kesempatan kerja dan kesehatan mental.

Kepala Polisi Victoria, Commissioner Graham Ashton mengatakan pertemuan ini berusaha mencari jawaban siapa yang berada di belakang tindak kriminal ini.

"Kami sudah banyak melakukan penegakan hukum selama 12 bulan terakhir, melakukan penangkapan, namun yang kami temukan adalah kami menangkap orang sama lagi, berulang kali." katanya.

"Kami mungkin akan harus melakukan hal tersebut terus menerus, kecuali kami menemukan faktor apa yang menyebabkan ini semua sehingga kita bisa mencegahnya."

Dia mengatakan bahwa polisi menemukan bahwa jumlah pelanggar kriminal muda berkurang, namun peningkatan dalam tindak kriminal serius yang dilakukan beberapa kelompok kecil.

"Faktanya adalah adanya sekelompok residivis muda yang melakukan tindak kriminal berulang kali dan ini memprihatinkan kami. " kata Ashton.

"Kami ingin mengerti mengapa mereka melakukan hal tersebut, dan itulah mengapa pertemuan diadakan hari ini." tambah Ashton.

Pertemuan diadakan setelah warga di kawasan Melbourne Barat membentuk "tim penjaga keamanan sendiri di lingkungan mereka" di tengah meningkatnya kekhawatiran karena meningkatnya perampokan dengan kekerasan dan pembajakan mobil di beberapa wilayah Melbourne.

Lebih muda menjual narkoba dibandingkan berurusan dengan Centrelink

Commissioner Ashton mengatakan kepada para peserta forum pertemuan bahwa pengangguran adalah faktor signifikan dalam tindak kriminal yang dilakukan anak-anak muda.

"Salah seorang pelaku mengatakan lebih mudah menjual narkoba dibandingkan berurusan dengan Centrelink." katanya.

Centrelink adalah badan yang mengurusi tunjangan sosial di Australia.

Ashton mengutip seorang remaja Muslim asal Afrika yang mengatakan kepadanya 'untuk apa bermimpi agar satu hari nanti bisa mendapatkan pekerjaan bagus, bila untuk bekerja di supermarket lokal saja tidak bisa.'

Menteri Utama negara bagian Victoria Daniel Andrews dalam pidatonya mengingatkan bahwa persoalan yang ada juga hendaknya dilihat dalam bingkai yang lebih besar.

"Mayoritas anak-anak muda kita tidak melakukan tindak kejahatan, dan tidak akan melakukan hal tersebut." katanya.

"Kita tidak boleh juga melupakan hal tersebut."

Daniel Andrews mengatakan solusi dari tindak kriminal oleh anak-anak muda ini bukan pada hukuman yang dijatuhkan terhadap mereka.

"Pendekatan pemenjeraan hanya akan membuat mereka belajar lebih banyak lagi mengenai tindak kejahatan." kata Andrews.

"Biayanya mahal, dan bukan investasi yang bagus."

Komisioner bagi Anak-anak dan Pemuda Liana Buchanan mengatakan dia bersifat terbuka atas diskusi bagi pengawasan lebih besar untuk anak-anak muda yang ditahan luar.

"Saya tentu saja mendukung tindakan penahanan luar dengan pengawasan, sehingga mereka yang tidak perlu ditahan tidak harus berada di penjara." katanya kepada Radio 774 ABC Melbourne.

"Yang sudah kita ketahui adalah memenjarakan anak-anak muda bukan penyelesaian jangka panjang. Pada umumnya, ini akan meningkatkan kemungkinan mereka melakukan pelanggaran lagi."

Juru bicara pihak oposisi, Ed O'Donohue mengatakan pemerintah gagal menunjukkan kepemimpinan mereka dalam masalah ini, dan perlu memberikan dukungan lebih banyak kepada Polisi Victoria untuk menangani tindakan geng anak-anak muda tersebut.

Informasi yang dikumpulkan dari forum ini akan digunakan oleh polisi guna membuat keputusan, dan digunakan untuk laporan kepada pemerintah negara bagian mengenai layanan apa yang diperlukan guna mengatasi tindak kriminal oleh anak-anak muda.

Diterjemahkan pukul 15:06 AEST 21/7/2016 oleh Sastra Wijaya. Simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini.