ABC

Kontingen Tenis Australia Siap Berlaga di Perancis Terbuka

Turnamen tenis grandslam Perancis Terbuka dimulai hari Minggu (24/5/2015) dan setelah beberapa hasil mengesankan sepanjang tahun 2015, Australia akan diwakili beberapa petenis yang masuk dalam daftar unggulan dan diharapkan akan berprestasi baik di turnamen lapangan tanah liat ini.

Tiga petenis Australia diunggulkan di Roland Garros ini, Bernard Tomic dan Nick Kyrgios di tunggal putra dan Samantha Stosur di tunggal putri.

Berikut perjalanan mereka sejauh ini dan juga beberapa nama asal Australia yang juga akan ikut bertarung.

Bernard Tomic

Bernard Tomic adalah petenis terbaik di Australia saat ini, dan menjelang Perancis Terbuka, prestasi petenis asal Queensland ini tidaklah terlalu mengesankan.
Ini disebabkan sebelumnya Tomic tidak banyak terlibat pertandingan. Sebelum pertandingan minggu lalu di Nice (Perancis), Tomic terkena virus dan mengundurkan diri setelah kalah di set pertama dari petenis nomor 269 dunia Gianni Mina. Ada dugaan bahkan mungkin Tomic belum sembuh benar untuk terjun di Roland Garros.
Turnamen tanah liat juga bukan lapangan favoritnya, karena pukulannya yang polos akan menjadi lebih lambat karena lapangan, dan menjelang Roland Garros Tomic hanya menang satu kali dari lima turnamen lapangan tanah liat yang diikutinya.
Namun diunggulkan di tempat ke-27, dengan kemungkinan undian yang tidak terlalu menyusahkan di babak-babak awal, petenis berusia 22 tahun ini akan mendapat kepercayaan diri lebih besar sebelum menghadapi lawan lebih berat di babak-babak lanjut.

Nick Kyrgios

Perhatian terhadap Kyrgios semakin meningkat seperti perhatian publik tenis Perancis terhadap bintang tuan rumah Gael Monfils, tetapi ketika Kyrgios mengundurkan diri dari pertandingan melawan Dominic Thiem di Nice karena cedera siku tangan, publik tenis Australia mulai panik.Namun, seperti kebiasaannya selama ini, Kyrgios segera memberi penjelasan lewat Facebook dan Twitter mengenai cedera itu, dengan mengatakan bahwa "dia akan sehat untuk bertanding."

Ini tentu saja disambut dengan lega, karena menyusul kemenangannya atas petenis nomor dua dunia Roger Federer di lapangan tanah liat di Madrid, harapan terhadap Kyrgios memang melambung.

Kemenangan atas Federer dicapai menyusul hasil mengesankan atas Rafael Nadal tahun lalu di Wimbledon, dan keberhasilan Kyrgios mencapai perempat final Australia Terbuka membuat sebagian orang berpikir gelar grandslam semakin mendekat bagi petenis berusia 20 tahun tersebut.Apakah Kyrgios akan fit masih harus dilihat, namun dengan tanah liat adalah salah satu lapangan yang cocok baginya, dan diunggulkan untuk pertama kalinya di turnamen grandslam, Perancis Terbuka bisa menjadi tempat spesial bagi petenis asal Canberra ini.

Sam Stosur

Masih sebagai petenis putri nomor satu Australia, Stosur mencapai hasil cukup mengesankan di Roland Garros ketika dia berhasil maju ke final namun kalah dari petenis Italia Francesca Schiavone.
Sejak itu, semua diduga prestasi Stosur akan terus menanjak, namun walau menjuarai AS Terbuka 2011, prestasi Stosur boleh dibilang timbul tenggelam.

Namun menjelang Perancis Terbuka ini, Stosur baru saja menjuarai Strasbourg Terbuka, dan ini akan memberi tambahan semangat dan motivasinya untuk mencapai prestasi lebih tinggi di Roland Garros tahun ini.

Thanasi Kokkinakis

Beberapa kalangan memperkirakan bahwa Kokkinakis akan mencapai prestasi lebih tinggi dibandingkan rekannya Kyrgios, dan apa yang sudah dicapai oleh petenis berusia 19 tahun tersebut di tahun 2015 menunjukkan potensi tersebut berpeluang menjadi kenyataan.

Dia membuat terobosan besar dengan memenangkan turnamen ATP Challenger di Bordeaux (Perancis) dan itu tidak saja membuat Kokkinakis masuk ke babak utama Perancis Terbuka namun juga di babak utama Wimbledon bulan Juni/Juli mendatang.

TIdak banyak harapan disandarkan di pundak Kokkinakis di turnamen ini, dan dengan undian berat membuat mungkin publik tenis Australia tidak akan banyak meliihatnya tampil di Roland Garros. Namun sekarang ini semuanya masih taraf mencari pengalaman dan dapat dipastikan, dia akan masih kembali ke Roland Garros di masa depan.

Casey Dellacqua

Petenis Australian di Perancis Terbuka


Putra

  • Thanasi Kokkinakis v Nikoloz Basilashvili (GEO)
  • Bernard Tomic (x27) v Luca Vanni (ITA)
  • Nick Kyrgios (x29) v Denis Istomin (UZB)
  • James Duckworth v Andrea Arnaboldi (ITA)
  • Marinko Matosevic v Thomas Bellucci (BRA)
  • Sam Groth v Pablo Cuevas (URU)

Putri


  • Casey Dellacqua v Ajla Tomljanovic
  • Daria Gavrilova v Johanna Larsson (SWE)
  • Samantha Stosur (x26) v Madison Brengle (USA)
  • Jarmila Gajdosova v Amandine Hesse (FRA)
  • Olivia Rogoswka vs Magdalena Rybarikova (SVK)

IPertandingan sebelumnya di lapangan tanah liat bagi Dellacqua di lapangan tanah liat 2015 adalah ketika dia dikalahkan oleh petenis Polandia  Agnieszka Radwanska di babak kedua Madrid Terbukan beberapa minggu lalu. Prestasinya di Perancis Terbuka tidak terlalu bagus sejauh ini dengan maju ke babak ketiga di tahun 2008, namun semangat bertandingnya yang selama ini menjadi senjata utama.

Pemain Australia lainnya

Beberapa pemain Australia lain yang akan tampil di Paris adalah Sam Groth, Marinko Matosevic dan James Duckworth dan tergantung pada undian mungkin mereka akan memenangkan babak pertama atau kedua.

Di tunggal putri, Daria Gavrilova  akan tampil di Perancis Terbuka untuk pertama kalinya, dan dia sekarang memiliki peringkat 45 dunia.

Yang lainnya adalah Jarmila Gajdosova, Ajla Tomljanovic dan Olivia Rogoswka.