ABC

Komunitas Ahmadiyah di Queensland Kerja Bakti Bantu Korban Banjir

Komunitas Muslim di Logan, negara bagian Queensland, menawarkan bantuan untuk menolong tetangga sekitar mereka yang tergenang selama banjir.

Di antara 1.000 orang yang bergabung dengan kelompok 'Mud Army' Brisbane selatan adalah 50 anggota Komunitas Muslim Ahmadiyah Logan.

Usman Chaudhry, yang saat ini mengkoordinasikan proses pembersihan di jalan Bayes Road, Logan, mengatakan, mereka mulai memobilisasi para relawan pekan lalu.

"Kami mulai menghubungi orang-orang sejak Kamis [atau] Jumat setelah kami mendengar bahwa kami diperkirakan mengalami banjir dan menurut berita banjir akan berlangsung buruk," jelasnya.

Korban Banjir
Banyak orang di wilayah Logan kehilangan semua harta benda.

Twitter: Ahmadiyya Muslim BNE

Skip Twitter Tweet

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

TWITTER: Pembersihan Sisa Badai

Ia mengungkapkan, "Kami memastikan semua anggota komunitas kami aman ... dan kemudian kami mulai menolong tetangga kami."

Sekitar 250 rumah di Logan tergenang saat banjir menerjang pekan lalu di akibat Badai Topan Debbie.

Komunitas Ahmadiyah ini memiliki sebuah masjid di wilayah Stockleigh, dekat Jimboomba, tempat di mana kelompok relawan lainnya bekerja pada hari Selasa (4/4/2017).

Usman mengatakan, para relawan telah bekerja sejak banjir mulai surut pada akhir pekan, dengan beberapa dari mereka bahkan pergi hingga Paddington di Brisbane untuk membantu membersihkan sampah akibat banjir bandang.

"Benar-benar sangat sedih ketika Anda masuk ke sebuah rumah," tutur Usman.

"Utamanya dengan beberapa orang tua - mereka tak mau membuang barang-barang mereka, seperti peralatan dan foto cucu-cucu mereka dan sejenisnya. Itu semua benar-benar hilang dan sangat menyedihkan," ceritanya.

Ia mengatakan, warga merasa lega ketika para relawan tiba.

"Mereka mencuci barang mereka berulang kali dan Anda muncul ke sebuah tempat berisikan 20 orang. Untuk satu orang, sulit untuk membersihkan sisa banjir dari satu rumah. Jika Anda memiliki 20 orang, [itu] jauh lebih cepat," utaranya.

Relawan Anak
Anak-anak berada di antara para relawan yang membantu.

Twitter: Ahmadi Muslims Logan

Skip Twitter Tweet

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

TWITTER: Komunitas Ahmadiyya Logan

Tinggalkan iPad demi bersih-bersih

Pada Selasa (4/4/2017), para relawan Ahmadiyah meliputi sejumlah siswa yang menjalani masa liburan sekolah.

"Jika Anda melihat anak-anak ini, mereka sedang liburan sekolah dan mereka bisa saja duduk di rumah bermain di iPad mereka, tapi mereka benar-benar bersemangat keluar dan membantu warga membersihkan rumah mereka," kata Usman.

"Kami bahkan memiliki seorang anak muda yang datang dan saya memberinya rompi panjang dan benar-benar kepanjangan sampai menyentuh tanah ... tapi ia melakukan pekerjaan terbaik,” tutur Usman.

"Ini semua tentang berbagi dengan masyarakat di mana Anda tinggal," imbuhnya.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Diterbitkan: 16:30 WIB 04/04/2017 oleh Nurina Savitri.