ABC

Kokain 70kg Diamankan Petugas dari Yacht Mewah di Queensland

Kokain senilai lebih dari $17 juta berhasil disita dan lima orang ditahan dalam penggerebekan yang dilakukan aparat keamanan di sebuah perahu yacht mewah di Pelabuhan Coomera River di Gold Coast Queensland.

Di yakini kokain seberat 70 kg itu dikirim dari Amerika Selatan lewat Vanuatu.

Komandan Kepolisian Federal Australia, Dave Steward mengatakan 40kg kokain ditemukan didalam mobil yang dihentikan oleh petugas yang mengawasi sebuah kapal yacht yang memang sedang diintai penyidik. 

"Petugas menahan 5 orang tadi malam dan diketahui terlibat dalam kasus kepemilikan lebih dari 40 kg kokain yang disembunyikan dibagian belakang kendaraan mereka," katanya.

"Salah seorang dari tersangka merupakan pengemudi. Setelah dilakukan penggeledahan lebih lanjut petugas menemukan 30kg lagi kokain didinding kapal yacht tersebut,"

"Kapal yacht jenis Bavaria sepanjang 44 kaki yang bernama The Solay, terdaftar di Jersey, Inggris dan tiba pada 24 Agustus lalu," katanya.

Kelima orang pria yang ditangkap tetap ditahan setelah muncul di Pengadilan Magistrasi di Southport.

Komandan Stewart mengatakan polisi tidak menutup kemungkinan akan ada penangkapan lagi.

"Satu dari kelima orang yang kita tangkap yang berperan sebagai nakhoda kapal, sementara 4 orang lainnya merupakan anggota sindikat narkoba yang beroperasi di Queensland," katanya.

"Kami masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait dengan struktur dari sindikat narkoba ini.

"Namun sejauh ini bisa dikatakan kami berhasil membongkar kejahatan sindikat narkotika yang cukup signifikan,"

"Kami tidak bisa menutup kemungkinan akan ada penangkapan kembaali - penyelidikan masih terus berlangsung," tegasnya.

Penangkapan ini merupakan bagian dari operasi gabungan antara Angkatan Perbatasan Australia, Polisi Federal Australia dan Kepolisian Queensland yang dimulai sekitar sebulan yang lalu.
 
"[Operasi ini dimulai] atas dasar informasi intelijen yang kami terima dari Bea cukai Irlandia dan Perancis yang bekerja sama dengan Pusat Operasi Analisis  Kelautan yang wilayah kerjanya difokuskan di Eropa guna menargetkan perdagangan narkoba dan seluruh Eropa," kata stewart.

"Ini adalah hasil kerja sama internasional antara lembaga penegak hukum dan lembaga otoritas perbatasan di seluruh dunia.
 
Kejahatan terorganisir saat ini telah menjadi perusahaan global dan kita benar-benar perlu melakukan tindakan untuk bisa memanfaatkan semua kesempatan untuk memerangi kejahatan terorganisir.
 
"[Kami] ... bekerja dengan mitra tradisional ... dan non-tradisional untuk memerangi operasi kejahatan global.
 
"Ini merupakan pukulan besar bagi sindikat ini.
 
"Dengan memperhatikan orang-orang yang kami tangkap sepertinya pasar operasi mereka tidak terbatas di Queensland saja tetapi memiliki jangkauan hingga pantai timur Australia."