ABC

Klinik Jantung Berjalan Pertama di Australia Layani Masyarakat Pedesaan

Pengelola klinik jantung berjalan pertama di Australia mengatakan layanan mereka berhasil membantu banyak pasien di kawasan pedesaan di negara bagian Queensland, dan program ini layak diperbesar.

Dr Rolf Gomes mengatakan sejak diluncurkan pertama kali enam bulan lalu, atas inisiatif Heart of Australian, statistik sudah menunjukkan bahwa proyek mereka berjalan baik.

"Kami berhasil melakukan 55 klinik." katanya. "Dan secara  keseluruhan kami berhasil menangani 1200 pasien."

"Dan saya bangga mengatakan bahwa kami berhasil menangani sekitar 50 pasien yang memiliki kondisi jantung yang membahayakan kehidupan mereka, dan berhasil kami tangani, dan mereka sekarang sudah sembuh." tambah Dr Gomes.

Dia mengatakan bahwa program semacam ini layaknya diperluas untuk memberikan layanan medis lainnya.

"Bila kita bisa melakukannya dengan dokter ahli jantung, pertanyaan dari saya adalah 'haruskah kita berhenti di sini saja?" katanya.

"Mengapa tidak ada program lainnya, misalnya menangani diabetes, penyakit ginjal atau penyakit saluran pernapasan?"

Pendiri proyek Heart of Australia Dr Rolf Gomes di dalam klinik jantung berjalannya.  (Craig Zonca)
Pendiri proyek Heart of Australia Dr Rolf Gomes di dalam klinik jantung berjalannya. (Craig Zonca)

 

Saat ini menurut statistik, di Australia mereka yang tinggal di pedesaan dan daerah terpencil 44 persen lebih tinggi kemungkinannya meninggal karena penyakit jantung dibanding mereka yang tinggal di perkotaan, dan angka tersebut menurut Dr Gomes 'memalukan'.

"Semuanya karena akses ke layanan kesehatan." katanya.

"Yang sudah kami tunjukkan dulu ada pendapat tidak mungkin bisa mengirim atau menempatkan dokter spesialis di kawasan pedalaman, namun dengan pilot proyek ini semua itu bisa dilakukan." tambahnya.

Kemitraan Heart of Australia yang merupakan kerjasama swasta pemerintah ini sudah melakukan kegiatan klinik di lima kota di Queensland Barat Daya sejak Oktober lalu. Setiap bulannya, klinik berjalan dalam bentuk truk ini melakukan perjalanan sejauh 7000 kilometer.

Dr Gomes mengatakan biaya yang sudah dikeluarkan sejauh ini mencapai $ 2 juta (lebih dari Rp 20 miliar) dalam 12 bulan pertama, dan dia sekarang berusaha mendapat bantuan keuangan tambahan agar proyek ini bisa berjalan dan membuka klinik tambahan.

"Saya akan senang kalau kami bisa memiliki satu truk lagi." kata Gomes.

"Sekarang saya berharap dengan kegiatan yang sudah berjalan, dengan jumlah pasien yang sudah kami tangani, maka pemerintah akan mendukung program ini."

Proyekl 'Heart of Australia' sekarang melakukan perjalanan di berbagai kota kecil di  Queensland.(ABC News: Courtney Wilson)
Proyekl 'Heart of Australia' sekarang melakukan perjalanan di berbagai kota kecil di Queensland.(ABC News: Courtney Wilson)