ABC

Kisah Satelit Buatan Mahasiswa Australia yang Diluncurkan NASA

Pada tahun 1967, sekelompok mahasiswa dari organisasi Masyarakat Astronomi Universitas Melbourne memiliki gagasan untuk membangun satelit radio amatir berukuran kecil.

Gagasan itu muncul hanya 10 tahun pasca satelit pertama dunia, Sputnik1 diluncurkan dan Australia belum masuk dalam persaingan luar angkasa.

Rusia saat itu telah sukses meluncurkan Yuri Gagarin ke angkasa dan perlombaan dimulai untuk menempatkan manusia pertama di bulan.

Papan sirkuit berisi muatan satelit (satellite payload)
Papan sirkuit buatan mahasiswa Australia ini merupakan bagian dari satellite payload.

Supplied

Namun berkat kerja keras dan kegigihan hati mahasiswa-mahasiswa muda yang meyakinkan NASA untuk meluncurkan Australis OSCAR 5 ke luar angkasa.

Koordinator proyek ini, Owen Mace, yang saat ini tinggal di Adelaide, mengatakan teknologi ini ketika itu merupakan ‘teknologi yang canggih’.

"Satelit itu akan mentransmisikan rincian mengenai dirinya sendiri - bagaimana satelit itu melakukan gerakan, temperatur dan semacamnya," kata Mace.

"Satelit itu melaksanakan sistem pengaturan pertama dari satelit radio amatir. Untuk pertama kalinya kita dapat mengendalikan satelit,” jelasnya.

Owen Mace memperlihatkan memorabilia.
Owen Mace memperlihatkan sejumlah memorabilia peluncuran Australis Oscar 5.

ABC Radio Adelaide: Brett Williamson

Penantian panjang

Satelit itu sendiri hanya berukuran sebesar dua kotak sepatu – sebuah muatan yang dianggap amat besar dilihat dari standar saat ini. Pakar industri menyebut ukuran dan berat satelit itu berarti satelit itu tidak dapat dibawa ke luar angkasa.

Bertekad ingin menyelesaikan proyek ini, tim mahasiswa Australia ini kemudian mengirim modul tersebut ke Amerika beserta permintaan untuk meluncurkannya dan menunggu.

"Modul itu menunggu hingga 2 tahun di garasi menanti untuk diluncurkan menggunakan roket milik Angkatan Udara AS."

Staf NASA mengirim payload ke roket.
Staf NASA memindahkan Australia OSCAR 5 ke lokasi roket.

Supplied

Para mahasiswa ini kemudian berhasil menghubungi insinyur NASA berkat bantuan pengguna radio amatir di seluruh dunia. Lantaran memiliki ketertarikan yang sama dengan radio -manager teknisi dan manager unit NASA juga seorang operator radio amatir - akhirnya menemukan cara bagaimana satelit mahasiswa ini bisa diluncurkan ke luar angkasa.

Satellite Australis OSCAR 5 diluncurkan oleh NASA pada 24 Januari 1970.

"Kami diberitahu kalau satelit itu akan berada disana dalam waktu yg lama sejak diluncurkan dan akan menjadi sampah luar angkasa dalam kurun waktu 100.000 tahun," kata Mace.

Owen Mace memanjat replika modul Apollo Command di Amerika Serikat.
Sebagai bagian dari perjalanan ke Amerika, Owen Mace mengunjungi NASA.

Supplied

Diterbitkan Jumat 7 April 2017 Pukul 10:00 AEST dari artikel berbahasa Inggris.