ABC

Kisah Pembunuhan Daniel Morcombe Diangkat ke Layar Lebar

Kisah hilangnya remaja asal Queensland, Daniel Morcombe dan bagaimana keluarganya mengatasai musibah ini akan diangkat ke layar lebar yang disiarkan di seluruh dunia.

Orang tua Daniel Morcombe, Bruce dan Denise Morcombe Hari Minggu (22/3) mengumumkan mereka baru saja menandatangani kontrak dengan produser Australia, Rod Hopping mengenai rencana diangkatnya kisah hilangnya anak remaja mereka, Daniel Morcombe yang telah dibahas selama setahun terakhir bersama rumah produksi milik Hoping, Heritages Films.

Film itu menurut rencana akan diberi judul Where Is Daniel?, dan mulai digadang-gadang akan dirilis tahun 2016 mendatang.

Bruce Morcombe mengatakan dirinya akan bekerja dengan penulis untuk memastikan interpretasi dari kisah keluarga mereka bisa disampaikan dengan benar.

"Kami merasa sangat nyaman bahwa proyek ini akan menjadi sesuatu yang diinginkan keluarga  Morcombe, dan juga keinginan pemirsa dan pada akhirnya akan menjadi paket yang besar," katanya.
 
"Tapi itu bukan film dokumenter, itu adalah sebuah film dan kami menghargai bahwa seniman melihat dunia yang sangat berbeda dengan orang tua Daniel Morcombe.

 

"Apa yang mereka lihat, interpretasi mereka akan menjadi sesuatu yang sangat menarik dan kita menantikan hasil akhir dari proses ini,"
 
Daniel Morcombe berusia 13 tahun ketika hilang di Pantai Sunshine tahn 2003 ketika tengah menunggu bus sekolah di  Woombye.
 

Tahun lalu, Brett Peter Cowan divonis penjara seumur hidup atas pembunuhan remaja tersebut dan mengajukan banding atas vonis yang dijatuhkan kepadanya.

Bruce Morcombe mengatakan dirinya berharap putusan atas banding yang diajukan Cowan dapat segera dibacakan.

Sementara itu produser, Red Hopping mengaku dirinya bahagia berhasil mendapatkan kepercayaan dari keluarga Morcombe untuk mengangkat kisa mereka ke layar lebar.

"Kami meyakini ada beberapa peran yang akan ditawarkan kepada aktor Australia yang memiliki reputasi internasional,'

Sutradara filn ini, Peter Cousens, mengatakan mereka berharap dana senilai $5 juta - $10 juta akan bisa membiayai pengambilan gambar film ini di sejumlah kawasan kunci di Sunshine Coast.

"Kami memilih ide membuat film, sebuah film feature dari cerita ini tidak hanya karena skala dan kekomplekan dari kisah hilangnya David tapi kami juga memandang film ini dapat menjadi cara untuk mengangkat kisah Daniel dan keluarga Morcombe ke panggung dunia,"kata Cousens.
 
"Kami sangat yakin film ini nantinya dapat menyampaikan pesan kalau Bruce dan Denise telah mampu mengatasi rasa sakit dan penderitaan mereka dan  menemukan cara agar musibah yang mereka hadapi menjadi sesuatu yang memiliki tujuan dan makna bagi diri mereka maupun masyarakat di Australia.