ABC

Kincir Angin Tua Hidupkan Kembali Kota Oatlands di Tasmania

Satu satunya kincir angin bergaya Georgian yang ada di kota Hemishphere Selatan di Oatlands, Tasmania saat ini ditutup sementara untuk proyek perawatan, setelah tiga tahun yang lalu berhasil dihidupkan kembali.

Warga lokal mengaku uang yang mereka gunakan untuk pembangunan kembali atau restorasi kincir angin Cannington yang dibangun tahun 1837 tersebut, sangat berarti setiap sennya,  karena keberadaan kincir angin tua itu telah mendorong kunjungan gjungan wisatawan ke kota mereka di yang terletak di tengah-tengah jalan raya bebas hambatan - Midland Highway.

Warga Inggris yang memimpin proyek restorasi kincir angin  tersebut, Neil Medcalf, saat ini tengah kembali ke Tasmania untuk mengawasi proses perawatan kincir angin tua  tersebut.

Kincir angin yang dibangun di Inggris itu secara perlahan-lahan diturunkan dan akan dilakukan penyetelan ulang  baru setelah itu dicat ulang oleh warga yang secara sukarela terlibat dalam proyek ini.

Medcalf mengatakan kincir angin yang sudah tidak beroperasi selama 120 tahun itu sangat memerlukan perawatan teratur.

Sementara itu petani gandum, Peter Shultz  mengatakan "old girl/gadis tua" demikian sebutan untuk kincir angin kuno itu membutuhkan perawatan teratur dari waktu ke waktu.

"Kincir angin itu sangat indah, banyak wisatawan datang dan meski sebelumnya mereka tidak tahu tapi karena kincir angin itu terlihat dari jalan raya banyak yang datang. Kincir angin itu benar-benar menjadi objek menarik di kota Oatland,” tambahnya.

Sejak kincir angin millstones itu difungsikan kembali pada tahun 2010, pusat informasi di kawasan itu mencatat ada sekitar 200 ribu wisatawan yang telah berkunjung.

Juru bicara Sharyn Rawnsley mengatakan kincir angin itu benar-benar telah menghadirkan kegairahan kembali bagi kota mereka.

"Anda bisa menyaksikan banyak toko buka lebih lama dan ada banyak juga jenis-jenis usaha baru bermunculan di kota  itu,”papar Rawnsley.

Kincir angin Callington dibangun pada tahun 1837 di Oatsland, Tasmania oleh John Vincent. Kincir angin Callington merupakan satu dari 3 kincir angin tertua di Australia. John Vincent membangun kincir angin itu digunakan sebagai pabrik penggilingan tepung gandum.

Setelah direstorasi kini kincir angin Callington di Oatlands, Tasmania sudah sepenuhnya pulih dan dioperasionalkan kembali untuk menggiling tepung gandum yang diproduksi warga lokal seperti yang pernah terjadi lebih dari 120 tahun yang lalu.