ABC

Ketua Ikatan Dokter Australia Kecam Perubahan Layanan Kesehatan

Ketua Ikatan Dokter Australia, Australian Medical Association (AMA), Prof. Brian Owler menyatakan rencana perubahan sistem layanan kesehatan yang diajukan pemerintah melalui APBN 2014, akan menyulitkan pasien dari latar belakang sosial ekonomi rendah.

Pernyataan dr. Owler ini disampaikan usai terpilih sebagai ketua AMA yang baru, Minggu (25/5/2014).

Menurut dia, pembayaran tambahan 7 dollar bagi pasien setiap kali kunjungan ke dokter akan menyulitkan bagi orang tidak mampu, kaum jompo, warga aborigin, serta pasien pengidap penyakit kronis.

DR. Owler mengatakan, prioritas pertama AMA adalah melakukan pembicaraan dengan Pemerintahan Tony Abbott mengenai rencana tersebut.

Dikatakan, selama ini Australia tidak mengalami masalah terkait dengan penyalahgunaan pelayanan kesehatan.

"Tidak ada bukti bahwa konsultasi dengan dokter selama ini mengalami peningkatan pesat. Faktanya, tingkat kunjungan pasien ke dokter berada dalam kondisi statis," jelasnya.

Dalam kebijakan sebelumnya, biaya setiap kunjungan ke dokter ditanggung oleh sistem layanan kesehatan yang disebut medicare.

Namun sejalan dengan kebijakan penghematan APBN yang dijalankan Pemerintahan Abbott saat ini, setiap kunjungan ke dokter akan dikenakan biaya tambahan sebesar 7 dollar.

Ikuti Kompetisi Belajar Bahasa Inggris di Australia gratis - Klik tautan berikut: https://apps.facebook.com/australiaplus