ABC

Ketika The Wiggles Menyanyi dalam Bahasa Aborigin

Kelompok musik anak-anak paling terkenal di Australia The Wiggles mengunjungi komunitas aborijin dari suku Yarrabah di Queensland dan merekam lagu anak-anak mereka dalam bahasa setempat.

The Wiggles adalah kelompok empat orang dewasa yang mengenakan baju biru, kuning, merah dan ungu. Mereka biasanya membawakan lagu anak-anak di televisi dan acara mereka sangat terkenal di Australia dan di berbagai negara.

Setelah mengunjungi komunitas tersebut, Anthony Field yang dikenal sebagai Blue Wiggle mengatakan mereka mendapat banyak manfaat dari kunjungan tersebut.

"Kami belajar begitu banyak mengenai warga Gunggandji hari ini." kata Field.

"Kami akan mengingat ini lebih sekedar kami mengadakan pertunjukkan di sini. Ini adalah pengalaman yag memperkaya kami," katanya.

The Wiggle berada di Yarrabah untuk merekam seri televisi berjudul Wiggle Wiggle Wiggle yang akan menampilkan kehidupan komunitas aborijin kepada dunia.

Emma the Yellow Wiggle with children in Yarrabah.
Emma Wiggle Kuning dengan anak-anak di Yarrabah.

ABC Far North: Brendan Mounter

"Acara televisi yang kami lakukan ditayangkan ke 190 negara di dunia, dan saya berharap siapa saja yang menonton di 190 negara tersebut akan belajar sama banyaknya dengan apa yang lakukan di sini, musik tarian dan orang-orangnya." kata Field.

"Kami ingin memasukkan budaya Australia dan saya kira hari ini adalah pengalaman pendidikan hebat bagi siapa saja yang menyaksikan tayangan ini. Mereka akan menikmatinya dan juga belajar sesuatu."

Lagu dalam bahasa aborijin

The Wiggles merekam sebuah lagu berjudul Rock-a-bye Your Bear dalam bahasa Gunggandji disertai dengan anak-anak, tetua Uncle Daniel Murgha, penyanyi dan penulis lagu Elverina Johnson, dan guru budaya Yarrabah State School Nathan Schrieber.

"Hal yang lucu adalah bahwa bahasa kami, walau kami tidak berusaha berusaha memadukan, namun nadanya sama dengan syair lagu itu." kata Schrieber.

"Mengagumkan sekali bahwa dua bahasa dan budaya berbeda ini bisa menyatu. Musik itu universal."

Anthony the Blue Wiggle dance with Nathan Schreiber, who is in traditional indigenous dress.
Anthony Wiggle Biru menari dengan Nathan Schreiber.

ABC Far North: Brendan Mounter

Field mengatakan adalah satu kehormatan untuk bisa menyajikan bahasa Gunggandji kepada dunia.

Kekuatan musik

Emma Watkins yang dikenal sebagai Wiggle Biru mengatakan dia tersentuh dengan penerimaan yang dilakukan oleh masyarakat di Yarrabah, dan terkejut dengan kemampuan anak-anak di sana untuk menyanyikan lagu-lagu The Wiggles.

"Musik kami tampaknya sudah mencapai seluruh sudut Australia. Bahkan pagi ini, ketika kami melakukan gladi resik mereka bisa menyanyikan lagu seperti Hot Potato and Fruit Salad dan Rock-a-bye Your Bear," katanya.

Indigenous children with The Wiggles.
Anak-anak di Yarrabah dengan The Wiggles.

ABC Far North: Brendan Mounter

"Mengesankan sekali bahwa musik kami sudah meresap masuk ke sini. Kami belum pernah mengunjungi daerah ini sebelumnya."

Schrieber mengatakan kunjungan The Wiggles ini tidak saja memberikan kesenangan bagi anak-anak sekolah di sana, juga akan memberikan manfaat dalam jangka panjang.

"Kegiatan yang dilakukan oleh The Wiggles dengan anak-anak sejalan dengan apa yang kami lakukan di sekolah mencoba memberi mereka inspirasi, mengajari mereka dan menganjurkan mereka untuk mengunjungi berbagai tempat." katanya.

Diterjemahkan pukul 14:30 AEST 7/11/2016 oleh Sastra Wijaya, dan simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini