ABC

Kepanasan, Koala di Adelaide Ini Minum Air Genangan Pinggir Jalan

Seberapa panas suhu udara yang bisa ditanggung koala? Seekor koala tertangkap kamera tengah berburu minuman dingin di Adelaide, setelah suhu udara di sana mencapai rekornya.

Kota ini memecahkan rekor suhu udara untuk gelombang panas terpanjang dalam bulan Desember, dengan empat hari berturut-turut mencapai lebih dari 40 derajat Celcius.

Paul Jansen mengemudi di sepanjang Valley Road di Hope Valley pada hari Minggu (20/12) pagi ketika ia melihat seekor koala di sisi jalan.

Ia mengatakan, daerah itu diguyur hujan yang sangat dibutuhkan sekitar setengah jam sebelumnya, dan banyak air hujan mengalir ke saluran air.

Paul mengatakan, hal yang "fenomenal" melihat koala meminum air begitu lama.

"Ia menyeruput air selama sekitar 15-20 menit. Saya pernah melihat anjing yang meminum air selama 1-2 menit sebelum berjalan lagi, jadi koala itu sepertinya benar-benar membutuhkan minum," tuturnya.

Meski demikian, direktur Rumah Sakit Koala dan Satwa Liar Adelaide, Rae Campbell, mengatakan, koala itu mungkin minum banyak karena masalah yang lebih serius.

"Australia Selatan adalah satu-satunya negara bagian di mana populasi koalanya menderita gagal ginjal," jelasnya.

Ia menerangkan, "Jika warga mengamati koala minum banyak, mereka harus menghubungi kami dan kami bisa keluar dan membawa koala untuk pengujian lebih lanjut."

Membantu koala melalui hawa panas

Rae mengatakan, koala akan mencari air dari manapun mereka bisa mendapatkannya".

"Masyarakat percaya bahwa koala tidak minum - tentu saja mereka perlu minum," sebutnya.

Ia mengutarakan, tim relawan kecilnya sempat kewalahan selama akhir pekan karena mengobati koala yang kepanasan, serta mengalami serangan anjing.

"Ada koala yang datang sepanjang waktu, ia koala yang ada dimana-mana," ujar Rae.

Ia mengatakan, serangan anjing juga mungkin menyebabkan koala turun dari pohon untuk mencari air.

"Kami mendorong masyarakat untuk meninggalkan wadah yang dangkal di bawah pohon sehingga mereka bisa minum tanpa berkeliaran terlalu jauh," pintanya.

Ia menambahkan, "Jika warga memiliki kolam renang, ada baiknya untuk meninggalkan tali dengan botol kosong terikat pagar dan mengarah ke kolam renang - koala bisa berenang tapi mereka tak bisa keluar dari kolam renang.”

"Dan jika Anda melihat koala yang tampak membutuhkan minum, Anda juga bisa menyemprot mereka dengan selang Anda," sambungnya.