ABC

Ken Wyatt Resmi Jadi Warga Aborijin Pertama Duduki Posisi Menteri Australia

Ken Wyatt resmi jadi warga Aborijin pertama di Australia yang menjabat Menteri di tingkat federal setelah dilantik sebagai Menteri Kesehatan Aborijin dan Layanan Lanjut Usia.

Politisi Federal Australia berkumpul di Gedung Parlemen di Canberra untuk mengikuti upacara pengambilan sumpah jabatan Menteri, yang dilakukan menyusul pengunduran diri mantan Menteri Kesehatan Sussan Ley.

Pekan lalu, Greg Hunt diumumkan sebagai pengganti Sussan Ley, dan mengambil alih Kementerian Kesehatan sebagai bagian dari perombakan Kabinet keempat yang dilakukan Perdana Menteri Malcolm Turnbull sejak mengambil alih kepemimpinan Australia, kurang dari 18 bulan lalu.
Greg Hunt diambil sumpahnya sebagai Menteri Federal bersama dengan Arthur Sinodinos, yang mengambil alih Kementerian Industri, Inovasi dan Sains.

NMenteri-menteri baru diambil sumpahnya.
(Kiri-kanan) Greg Hunt, Michael Sukkar, Malcom Turnbull, David Gillespie, Arthur Sinodinos dan Ken Wyatt.

ABC News: Nick Haggarty


Hunt menggambarkan penunjukan Ken Wyatt sebagai ‘sesuatu yang bersejarah’, seraya mengatakan di Twitter bahwa ‘hari ini merupakan hari yang sangat penting bagi bangsa kita (Australia)’.
Michael Sukkar juga dipromosikan sebagai Wakil Menteri Bendahara Negara, dan David Gillespie menjadi Wakil Menteri Kesehatan.
Perdana Menteri Malcolm Turnbull mengumumkan penunjukan ini pekan lalu menyusul pengunduran diri Sussan Ley secara resmi, berkaitan dengan penyelidikan yang sedang berlangsung mengenai klaim anggaran perjalanan dinasnya.

Ken Wyatt menjadi warga Aborijin pertama yang menjadi menteri.
Anggota parlemen dari Australia Barat (WA), Ken Wyatt menjelaskan peran barunya sebagai Menteri Pelayanan Kesehatan Warga Aborijin dan Pelayanan Lanjut Usia.

Stan Grant

Diterjemahkan pada pukul 16:00 WIB, 24/1/2017 oleh Iffah Nur Arifah dari artikel Bahasa Inggris disini.