ABC

Keluar Dari Rumah Sakit, Pengemudi Insiden Flinders Street Ditahan

Seorang pria berusia 32 tahun yang ditangkap setelah sebuah mobil menabrak beberapa pejalan kaki di Melbourne pada hari Kamis (21/12/2017) telah dilepaskan dari rumah sakit dan dijebloskan ke dalam tahanan polisi.

Polisi mengatakan pria asal wilayah Heidelberg West, Saeed Noori, sudah berada di Pusat Penahanan Melbourne dan diperkirakan "menjalani wawancara di lain waktu".

Noori dituduh dengan sengaja mengemudikan kendaraan roda empat ke kerumunan pejalan kaki di luar stasiun kereta api Flinders Street.

Noori, seorang warga Australia berusia 32 tahun keturunan Afghanistan, ditangkap oleh seorang petugas polisi yang tidak bertugas sesaat setelah kendaraan yang dikendarainya berhenti karena menabrak pemberhentian trem.

Pihak berwenang di Melbourne mengatakan bahwa mereka tidak percaya ada ancaman yang meningkat terhadap masyarakat, dan bahwa Noori memiliki riwayat penggunaan narkoba dan penyakit jiwa.

Polisi mengatakan bahwa Noori telah melontarkan beberapa "kalimat" selama interogasi awal dengan para penyidik, yang mengacu pada "perlakuan buruk terhadap umat Islam" dan "mimpi dan suara".

Namun, mereka mengatakan bahwa ia tidak memiliki keterkaitan teroris yang diketahui.

Polisi memastikan Noori dinyatakan bersalah di Pengadilan Tinggi Broadmeadows pada bulan Juni tahun ini karena mengemudi saat surat izinnya dicabut dan menggunakan ponsel.

Tiga korban masih kritis

Insiden tersebut terjadi tepat setelah pukul 16.40 hari Kamis (21/12/2017) membuat 18 orang dirawat di rumah sakit, termasuk seorang anak laki-laki berusia empat tahun.

Empat orang telah dipulangkan, namun 14 orang masih di rumah sakit, tiga di antaranya dalam kondisi kritis termasuk seorang pria berusia 83 tahun.

Sembilan korban adalah warga negara asing dari sejumlah negara termasuk Korea Selatan, China, Italia, India, Venezuela, Irlandia dan Selandia Baru.

Komisaris Shane Patton dari Kepolisian Victoria mengatakan bahwa kondisi anak laki-laki berusia empat tahun, yang dibawa ke Rumah Sakit Royal Children dengan cedera kepala, itu telah membaik dan sekarang ia tergolong stabil.

Komisaris Patton mengatakan, seorang petugas kepolisian "heroik" yang sedang tidak bertugas, yang menahan si pengemudi, telah menjalani operasi untuk menyembuhkan jarinya yang terluka.

Ia sekarang dalam kondisi stabil.

Polisi mengatakan, pengemudi berusia 32 tahun itu adalah warga negara Australia keturunan Afghanistan.
Polisi mengatakan, pengemudi berusia 32 tahun itu adalah warga negara Australia keturunan Afghanistan.

AAP: Joe Castro

Sekertaris Asosiasi Polisi, Wayne Gatt, mengatakan, hingga 70 petugas berada di tempat kejadian, termasuk sekitar 16 orang yang berada di hari pertama mereka dalam pekerjaan tersebut.

Menteri Utama Victoria, Daniel Andrews, memuji polisi seraya mengatakan bahwa mereka berada di tempat kejadian dalam hitungan detik.

Ia mengatakan, meski tidak mungkin untuk menyatakan ruang manapun benar-benar aman, pihak berwenang baru-baru ini mengambil sejumlah langkah untuk memperbaiki keamanan di Melbourne pusat, termasuk memasang ratusan beton pembatas.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.