ABC

Kebun Binatang Perth Ubah Kotoran Hewan Jadi Kompos Berkualitas

Kebun Binatang Perth menghasilkan lebih dari satu ton sampah organik setiap hari, tapi program kompos membantu kebun binatang ini untuk mengurangi jejak lingkungan mereka yang besar.

Di dalam lingkungan mereka saja, total 1.200 hewan yang ada di kebun binatang -yang berlokasi di Selatan Kota Perth -ini menghasilkan sekitar 800 kilogram kotoran setiap harinya.

Kebun dan kolam di Kebun Binatang Perth
Kebun di Kebun Binatang Perth menghasilkan ribuan ton sampah hijau setiap tahun.

Flickr: Ross Funnell

Taman milik kebun binatang Perth yang luas, termasuk 4.000 pohon yang sudah tua, menambah sebanyak 700 kilogram sampah hijau terhadap total sampah mereka sehari-hari.

Dan Baker, Koordinator Kelestarian Lingkungan Kebun Binatang Perth, mengatakan, tantangannya adalah menemukan cara untuk menggunakan kembali dan mendaur ulang beberapa limbah tersebut.

"Beberapa dekade yang lalu, pada era 1980-an, kami biasanya menjual kotoran binatang dari sini, tetapi karena berbagai alasan kami berhenti melakukannya," kata Dan Baker kepada ABC Radio Perth.

"Sekitar lima tahun yang lalu, kami memulai perjalanan untuk mencoba kembali proses pengomposan."

Binatang hasilkan kotoran berkualitas tinggi

Ketika percobaan kompos dimulai, hanya kotoran dari jerapah, badak dan gajah saja yang digunakan.

Masing-masing gajah Asia milik kebun binatang Perth dapat menghasilkan 60-90 kg kotoran dalam sehari.

Jerapah Kitoto
Jerapah Kitoto merupakan salah satu penyedia kotoran hewan premium di Kebun Binatang Perth.

Supplied: Paul Fahy

"Kami hanya menggunakan kotoran jerapah, gajah dan badak pada awalnya karena itu merupakan kotoran yang berkualitas sangat bagus,  karena itu berserat dan memberi kami kesempatan terbaik untuk sukses," jelas Dan Baker.

"Setelah tahun pertama, begitu kami berhasil membuktikan kalau kami bisa melakukannya, kami menambahkan semua kotoran binatang lain dalam proses pembuatan kompos ini.”

"Kami sekarang menggunakan sekitar 95 persen dari semua kotoran yang dihasilkan di kebun binatang, bahkan dari binatang karnivora kami - singa, harimau, semuanya masuk ke dalam proses pembuatan kompos ini."

Membuat kompos hewan

Kotoran binatang dikumpulkan oleh staf kebun binatang setiap hari dan dikirim ke pembuat kompos komersil.

Di sana, kotoran hewan dan sampah organik dari kebun binatang diproses dan diubah menjadi kompos berkualitas tinggi, terpasteurisasi dan matang yang bebas dari biji dan patogen.

Secara keseluruhan, sekitar 600 ton kompos kebun binatang berhasil diproduksi setiap tahun.

"Mereka mengembalikan lagi produk kompos yang baik kepada kami untuk digunakan di taman kami dan kami juga mengemas kelebihan pupuk organik untuk dijual kepada publik," kata Baker.

Dan sejak berhasil menyempurnakan campuran ‘kompos mahluk hidup’ ini, kebun binatang Perth telah berhasil mengurangi jumlah sampah yang dikirim ke TPA sebesar 45 persen.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Diterbitkan: 18:25 WIB 12/04/2017 oleh Iffah Nur Arifah.