ABC

Kebakaran di Pusat Aktivitas Komunitas Islam di Fawkner

Seorang pakar kebakaran yang dipicu bahan kimia didatangkan untuk menyelidiki penyebab kebakaran ‘hebat’ di pusat aktivitas kebudayaan Islam di utara Melbourne.

Kebakaran berawal di pusat aktivitas kebudayaan Islam atau 'Islamic Center' di Lowson Street, Fawkner, Melboune sekitar pukul 02:30 dini hari waktu setempat.
Begitu petugas kebakaran tiba seluruh bangunan tersebut sudah dilalap api dan peralatan khusus segera dikerahkan untuk memadamkan api tersebut. Butuh waktu sekitar 50 menit bagi petugas untuk akhirnya bisa mengendalikan kebakaran itu.

Graffiti di Pusat Komunitas Islam
Belum diketahui apakah grafiti ini memiliki kaitan dengan peristiwa kebakaran di Pusat Komunitas Islam.

ABC News


Garis pembatas tempat kejadian perkara sudah dipasang.
Diluar bangunan yang terbakar itu, seseorang telah menuliskan kalimat "The Islamic State" atau 'Negara Islam' dengan cat semprot berwarna hitam.
Hingga kini tidak bisa dipastikan kapan graffiti itu dibuat atau apakah berkaitan dengan kebakaran di pusat aktoivotas komunitas Islam itu.
Sejumlah anggota dari pusat aktivitas komunitas Islam itu mengatakan kepada ABC kalau bisa jadi kebakaran ini bukan tindakan kejahtan yang didasarkan atas kebencian melainkan hanya bagian dari perselisihan di dalam organisasi mereka.
Komandan Brigade Kebakaran Metropolitan, Andrew Dixon mengatakan masih terlalu dini untuk menentukan apakah peristiwa kebakaran ini memang bangunan ini disulut api secara sengaja.
"Petugas yang merespon laporan ini dapat melihat kebakaran berasal dari Thomastown, ini merupakan kebakaran yang sangat hebat,” ujarnya.
"Pusat aktivitas komunitas Islam ini sendiri merupakan tempat berkumpulnya komunitas muslim setempat.”
Diterjemahkan pada pukul 17:00 WIB, pada 11/12/2016 oleh Iffah Nur Arifah dari artikel Bahasa Inggris disini.