ABC

Ke Sydney Naik Kapal Pesiar, Ini Duta Wisata yang Siap Membanatu

Dari sekian banyak pertanyaan yang diajukan para turis kapal pesiar yang baru saja tiba di Kota Sydney, Australia, Jim Dickie paling sering ditanyai, "Dimana telepon umum". Dia adalah salah seorang duta Kota Sydney yang menyambut ribuan turis di pelabuhan kota itu yang mencapai puncaknya mulai Oktober hingga April.

Voluntir yang terbilang paling lama menjadi duta wisata ini, akan berada di terminal Overseas Passenger dan White Bay menyambut para wisatawan.

Dia menjadi duta setelah melihat iklan di koran Sydney Morning Herald enam tahun lalu. "Saya aslinya datang dari Skotlandia bersama istri dan dua anak. Sydney telah begitu baik bagi kami dan saya berpikir jika pensiun saya ingin memberikan sesuatu (untuk Kota Sydney - red.)," ujar Dickie.

Apa perlu dilihat di Sydney

Dickie yang juga baru kembali dari berwisata kapal pesiar di Honolulu mengaku ikut mendaftar sebagai duta sebagai cara untuk tahu lebih banyak mengenai kota Sydney.

Kini dia hafal tur terbaik, rute jalan-jalan, hotel hingga kantor perwakilan berbagai negara yang ada di kota itu.

Bagi penumpang kapal pesiar yang hanya berada di Sydney untuk sehari, tip terpenting dari Dickie adalah naik bus wisata warna merah sebelum berkunjung ke Sydney Tower.

A cruise ship docked at Circular Quay Sydney
Industri kapal pesiar menyuntik miliaran dollar tiap tahun bagi perekonomian Kota Sydney.

702 ABC Sydney: Amanda Hoh

"Kami coba gali apa minat mereka. Ada yang mungkin penggemar kriket dan ingin melihat museum kriket di Cricket Ground," kata Dickie.

"Saya arahkan wisatawan China ke Cabramatta," katanya. "Mereka turun dari kapal dan tanya, dimana Chinatown. Dan saya bilang, ya di sini. Tapi ada satu di Cabramatta yang lebih bagus. Mereka bisa naik kereta ke sana."

Tempat menelepon

Dickie merupakan satu dari tiga duta wisata Kota Sydney yang tersisa dari angkatan 2011.

Dia menjelaskan bahwa sejak itu Pemerintah Negara Bagian telah memperluas program voluntir setelah melihat manfaat dari orang seperti Dickie yang mempromosikan kota itu begitu pengunjung turun dari kapal.

Menurut Pemkota Sydney, setiap rombongan wisatawan kapal pesiar yang tiba di kota itu menyuntikkan dana sekitar 2 juta dollar bagi perekonomian setempat, mendatangkan penghasilan miliaran dollar pertahun.

Agustus lalu Pemkot bersama Destination NSW dan Pelabuhan Sydney mengumumkan perekrutan baru untuk ikut pelatihan dua hari mengenai keterampilan komunikasi seperti tata-cara menghadapi wisatawan.

Duta untuk tahun 2016 bahwa siap dengan berbagai bahasa asing untuk para turis termasuk dari Jerman, Italia, Spanyol dan Rusia.

Megan Nixon gives a cruise passenger directions
Megan Nixon, salah seorang pemandu wisata di Kota Sydney.

702 ABC Sydney: Amanda Hoh

Salah seorang di antara voluntir, Megan Nixon yang lahir di Melbourne, mengaku "jatuh cinta dengan Sydney" dan ingin melakukan aktivitas di luar ruangan.

"Pertanyaan yang paling sering diajukan adalah di kafe mana ada kopi enak, serta dimana saya bisa menyimpan tas," katanya.

"Sebagian turis Jerman menanyakan apakan mereka bisa menyentuh koala," ujar Megan seraya menambahkan, "Saya jelaskan mereka bisa berfoto tapi tak bisa menyentuhnya."

Sama seperti Dickie, Megan juga mengaku bahwa pertanyaan paling tidak lazim yang diterimanya adalah mencari telepon umum berbayar.

Meskipun awalnya sangat membingungkan bagi Dickie, kini dia bisa menunjukkan dimana lokasi telepon umum berbayar yang tak jauh letaknya dari pelabuhan.

Menurut dia para duta wisata ini telah meminta agar disiapkan telepon umum berbayar di terminal Pelabuhan Sydney tersebut.

Diterbitkan Pukul 11:30 AEST 21 Novembr 2016 oleh Farid M. Ibrahim dari artikel berbahasa Inggris.