ABC

Kawasan Utara Australia Jadi Tujuan Populer Bersepeda Gunung

Bagi Anda pencinta sepeda gunung, mungkin bisa mencoba menjajal lintasan daratan Kawasan Australia. Sejumlah pengamat mengatakan kawasan ini akan menjadi tujuan utama bersepeda gunung di Australia pada masa mendatang.  

Alice Springs di Kawasan Utara yang dikelilingi gurun pasir selama ini dikenal sebagai kawasan cagar alam. Banyak turis dari dalam dan luar negeri datang kesini untuk berjalan-jalan menyusuri semak belukar dan alam liar, atau dikenal dengan istilah 'bushwalking'.

Tapi belakangan, kawasan ini menjadi populer bagi mereka para pencinta sepeda gunung. Salah satunya adalah Norm Douglas.

"Bersepeda gunung disini seperti 'bushwalking' dengan adrenalin," ujarnya. "Kita menikmati pemandangan alamnya, sama seperti para pengelana semak-semak, hanya saja kita naik sepeda."

Douglas yang berusia 43 tahun ini memiliki usaha penyedia jasa pelatihan sepeda gunung yang beroperasi di Australia dan Singapura. Bersama istrinya, Jessica mereka tinggal di kawasan yang selama ini cukup populer bagi pesepeda gunung, yakni di Forrest, Victoria.

Kini, mereka sedang berada di Alice Springs untuk bersepeda gunung selama seminggu. Douglas mengatakan kemudahan akses untuk menemukan jalur bersepeda di kawasan ini menjadi daya tarik Alice Springs.

"Ketika orang-orang tiba di penginapan mereka disini, bisa langsung bersepeda, jadi tidak perlu menyetir untuk mencari jalur bersepeda," jelas Douglas.

Belum lagi dengan luas lahan Alice Springs. Douglas mencatat jalur sepeda yang bisa ditempuh mencapai 200 kilometer, dibandingkan dengan wilayah-wilayah lainnya di Australia, yang biasanya hanya 40 kilometer.

"You'd be surprised how rare that is."

"Dalam lima hari bersepeda misalnya, akan jarang sekali melewati tempat yang sama, jadi sangat unik," kata Douglas.

Pemerintah setempat sendiri baru meluncurkan sebuah program bernama "Ride the Red Centre" untuk memasarkan potensi bersepeda gunung disini. Mereka pun membangun jalur kereta baru dengan biaya mencapai 150 ribu dolar Australia atau sekitar 1,5 miliar rupiah.

"Meski pemerintah mengatakan daya tarik ini hanya untuk pasar tertentu, tetapi sepeda gunung menjadi semakin mainstream," tambah Douglas.

Ia juga mengatakan kalau bersepeda gunung lebih aman dari bersepeda biasa. Selain itu cabang bersepeda ini pun lebih sehat dan belakangan menarik lebih banyak peminat.

Masukan untuk kawasan Alice Spring perlu adanya lebih banyak rambu-rambu dan pemetaan.

"Saya rasa pemerintah perlu mengeluarkan uang tambahan untuk rambu-rambu dan tanda, kalau ini sudah dipenuhi maka Alice Springs akan menjadi salah satu tujuan paling populer untuk bersepeda gunung di Australia." 

Mau tahu serunya lintasan bersepeda gunung di Alice Springs? Simak videonya di sini.

Ikuti Kompetisi Belajar Bahasa Inggris di Australia - Klik tautan berikut: https://apps.facebook.com/australiaplus