ABC

Kawasan Ini di Sydney Banyak Didatangi Kecoa

Kota Sydney di New South Wales (NSW) terkenal karena kecoanya. Serangga ini hidup ditengah-tengah penduduk, di dalam peralatan rumah tangga, di belakang lemari es atau berdesak-desakan di tumpukan kertas. Kehadiran mereka memicu kebencian dan ketakutan.

Tapi pernahkah Anda bertanya-tanya apakah ada pemukiman di pinggiran kota di Sydney yang memiliki kecoa lebih banyak ketimbang pangsa pasar mereka?

ABC News telah diminta untuk menyelidiki hal ini dalam program ‘Curious Sydney’ oleh Beck Pearse, yang ingin tahu: Daerah pinggiran mana di Sydney yang paling banyak kecoanya?

Beck pindah ke Sydney dari Blaxland di Blue Mountains dan belum pernah melihat kecoa sebelumnya.

"Selama 17 tahun terakhir saya tinggal di Sydney hampir sepanjang waktu, saya hanya penasaran apakah alasan kecoa ada di rumah yang saya tinggali itu karena saya pernah tinggal di berbagai wilayah di bagian Inner West?" dia bertanya.

"Saya ingin tahu apakah [Perdana Menteri] Malcolm Turnbull yang tinggal di sisi timur Sydney, apakah dia memiliki kecoa di rumahnya? Apakah orang-orang di North Shore juga memilikinya, atau kecoa memang hanya menjadi ciri khas dari wilayah Inner West?."

Skip YouTube Video

FireFox NVDA users - To access the following content, press 'M' to enter the iFrame.

Kawasan padat penduduk bagian dari masalah

Program ‘Curious Sydney’ berbicara dengan para pengendali hama, ilmuwan, pemerintah daerah dan Otoritas Pangan NSW, namun tampaknya tidak ada yang memiliki catatan statistik tentang pinggiran Sydney mana yang paling atau paling sedikit memiliki kecoa.

Kecoa Jerman
Kecoa Jerman, salah satu kecoak yang paling umum ditemui di rumah, berwarna coklat atau cokelat tua, memiliki dua garis gelap yang khas di bagian atas punggungnya dan berukuran kecil.

Disediakan: Micropest

Apa yang tampak jelas adalah bahwa jika Anda tinggal di Sydney, di mana kondisi hangat, basah dan lembab sangat ideal, Anda akan memiliki kecoa baik di dalam maupun di luar rumah Anda.

"Sebagian besar spesies [kecoa] suka dengan tempat yang hangat dan lembab," kata Dr Tanya Latty, ahli entomologi dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Kehidupan dan Lingkungan di Universitas Sydney, New South Wales (NSW)

"Mereka membutuhkan kelembaban sehingga tempat seperti Sydney adalah surga kecoa."

Gerard Dallow, manajer pengendalian hama Micropest, mengatakan populasi kecoa tertinggi ada di kawasan pusat bisnis Sydney, di mana terdapat banyak bangunan tinggi yang padat.

"Hal terbesar di Sydney saat ini adalah kita memiliki begitu banyak apartemen, sehingga jumlah kecoa Jerman akan meningkat karena kita memiliki pengaturan hidup yang lebih intensif di sekitar kota-kota besar," katanya.

"Kecoa Jerman utamanya banyak terdapat di sekitar gedung apartemen karena banyak orang membuat kesalahan fatal dengan menyemprotnya dengan semprotan lalat.

Sepertinya kota Sydney sebagai ‘surga’ bagi kecoal masih jauh dari akan berakhir dengan sebagian besar apartemen dan townhouse yang sedang dibangun di Parramatta, Blacktown dan juga Kota Sydney sebagai bagian dari ‘booming’ perumahan di kota itu.

Fakta menarik seputar kecoa:

  • Ada 450 spesies kecoa yang hidup di Australia
  • Lima dari 450 spesies itu tergolong hama, lebih umum di wilayah perkotaan
  • Kecoa yang sering ditemui: Kecoa Jerman, Kecoa Amerika, Kecoa Australia dan kecoa Asia
  • Di wilayah pinggiran perkotaan ada tingkat keanekaragaman hayati yang lebih luas (ada lebih banyak kecoa semak belukar)
  • Sebagian besar spesies kecoa menyukai habitat yang hangat, lembab sehingga Sydney merupakan 'Surga' bagi kecoa

Kecoa Jerman berkembang biak dengan cepat, dan dapat mencapai proporsi hama dengan cepat: satu kecoa betina bisa menghasilkan hingga 100.000 telur dalam satu tahun.

Forum online penuh dengan pertanyaan dari orang-orang yang ingin tahu bagaimana cara membasmi masalah tersebut, atau menghindarinya sepenuhnya.

"Wilayah di pinggiran kota mana yang memiliki tingkat kemungkinan lebih tinggi dari belum terinfeksi kecoa?" tanya seorang warga.

"Tidak ada yang namanya daerah bebas hama," balasnya.

"Sedikit berseloroh, saran saya untuk menyingkirkan kecoa dalam hidup Anda adalah dengan pindah keluar dari Sydney," kata yang lain.

Kecoak di rumah Beck di Erskineville
Kedua kecoak ini adalah satu-satunya yang tersisa setelah Beck Pearse pindah dari rumahnya di Erskineville.

Disertakan: Beck Pearse

'Cepat dan kemana-mana'

Tidak diragukan lagi kecoa membuat orang bergidik, dan mungkin itu ada kaitannya dengan gerakan cepat mereka sebagaimana kebiasaan mereka bersembunyi di tempat gelap.

Fakta menarik seputar kecoa:

  • Sebagian besar spesies kecoa menghuni hutan, gua, liang atau sikat
  • Mereka termasuk hewan arthropoda, dengan sendi penghubung dan kerangka tubuh luar yang keras
  • Mereka bisa bertahan hidup selama berminggu-minggu tanpa kepala mereka, jika lukanya sembuh
  • Sistem pernafasan atau "spiracle" mereka berada di sepanjang sisi tubuh mereka
  • Seekor kecoa bisa berlari dengan kecepatan 80 centimeter per detik dengan semua kaki bergerak
  • Kecoa modern pertama kali terjadi sekitar 200 juta tahun yang lalu
  • Hewan primitif, leluhur kecoak muncul sekitar 350 juta tahun yang lalu

Sejumlah percobaan telah mencatat kecoa Amerika bisa bergerak hampir 5,6 kilometer per jam, setara dengan manusia dewasa yang berlari lebih cepat dari 320 kilometer per jam.

"Mereka benar-benar cepat dan semacam berpindah-pindah. Hal-hal seperti ini cenderung membuat orang takut," kata Dr Latty.

"Mereka adalah salah satu spesies yang cenderung kita temukan di rumah kita, dan meskipun saya menyukai mereka, saya tidak menginginkan mereka ada di dapur saya, dan saya tidak menginginkannya ada di sikat gigi saya."

Pearse telah mengalami sendiri pengalaman buruknya dengan kecoa.

"Saya ingat terbangun di sebuah rumah di Redfern - rumah berbagi pertama saya - dan salah satu kecoa besar telah menenggelamkan dirinya sendiri di sebuah botol plastik terbuka di samping tempat tidur saya," katanya.

"Jadi saya terbangun dan seekor kecoa seukuran tutup botol plastik masuk ke dalam botol."

Ya, kebersihan adalah masalah

Dr Latty mengatakan memang benar bahwa jika ada lebih banyak makanan tergeletak begitu saja mungkin akan ada lebih banyak kecoa.

"Kecoa adalah salah satu tong sampah alami yang hebat, mereka bisa memakan hampir apa saja. Jadi, ada sampah jenis apa saja, bahkan sedikit makanan tergeletak cukup untuk mereka tinggali," katanya.

"Jadi di tempat dengan tingkat kepadatan tinggi di mana Anda memiliki banyak dapur yang letaknya berdekatan, banyak orang dengan banyak pantry, itu akan menjadi tempat yang bagus untuk kecoa.

"Tapi di sisi sebaliknya, terkadang sangat sulit, bahkan ketika kita sudah berusaha benar-benar bersih dengan turut membersihkan semua tempat yang berada di belakang lemari es, atau di belakang pemanggang roti atau bahkan di mesin pencuci piring.

"Kebersihan itu penting namun memiliki rumah yang bersih tidak berarti Anda tidak akan pernah memiliki kecoa."

Kecoa
Pengendali hama merekomendasikan perawatan gel oleh seorang profesional untuk mengelola rumah dari kecoa.

Disediakan: Micropest

Sepertinya ada sebuah masalah persepsi, jadi meski risiko penyakit dari kecoa minimal, masalah kecoa  masih menimbulkan gangguan bagi sebagian orang.

Dallow mengatakan orang-orang sangat lega ketika pengendali hama berhasil menyingkirkan mereka karena kepercayaan bahwa kekotoran dan kecoa adalah satu kesatuan.

"Rayap, kecoa dan terutama kutu busuk [di rumah], ini semua adalah masalah besar bagi orang-orang dan ketika Anda memperbaiki masalah mereka, mereka sangat berterima kasih," katanya.

Tapi apakah mereka benar-benar tidak sehat?

Lembar fakta dari Otoritas Pangan NSW tentang pengendalian hama di bisnis makanan mengatakan kecoa "dapat membawa virus dan bakteri dan dapat mencemari permukaan makanan dan makanan."

Dr Latty mengatakan kecoa telah menyesuaikan diri dengan manusia dan dia setuju ini membuat mereka menjadi hama saat mereka berlari melintasi area persiapan makanan atau makanan.

"Dengan berlari melintasi sesuatu yang busuk maka berlari melintasi makanan yang akan Anda makan, mereka dapat memindahkan penyakit secara mekanis, tapi apakah itu berisiko besar atau tidak, itu masih tidak pasti," katanya.

Mereka juga bisa membuat orang sakit jika mereka alergi terhadap kotoran atau exoskeletons mereka.

Kecoa tidak semuanya buruk

Seekor kecoa badak, hewan peliharaan Dr Tanya Latty
Kecoa badak hewan peliharaan Dr Latty ukurannya jauh lebih besar daripada kecoak rata-rata yang ditemukan di rumah-rumah warga.

Disertakan: Tanya Latty

Para ilmuwan mengatakan bahwa ada banyak hal yang mengagumi mengenai makhluk-makhluk yang, dalam bentuk primitifnya, pertama kali muncul sekitar 350 juta tahun yang lalu dan telah berevolusi seiring dengan perubahan iklim beberapa kali.

Tips untuk mengelola kecoa:

  • Jaga agar daerah persiapan makanan bersih dan segera bersihkan tumpahan makanan
  • Bersihkan secara teratur bagian bawah peralatan di rumah, terutama lemari es, kompor, pemanggang roti
  • Kosongkan sampah secara teratur
  • Jangan meninggalkan makanan hewan atau potongan makanan dalam mangkuk hewan peliharaan
  • Hindari keran yang menetes (kecoak membutuhkan persediaan air)
  • Jangan menumpuk koran, majalah atau kotak kardus di rumah
  • Umpan kecoa menggunakan racun yang akan dibawa kecoa ke sarangnya
  • Pengontrol hama dapat membantu dengan menggunakan insektisida terdaftar untuk mengendalikan kehadiran kecoa di rumah anda
  • Perbaiki lubang, celah atau celah di dinding, papan skirting dan di dalam lemari
  • Gerard Dallow mengatakan jangan menggunakan semprotan insektisida karena hanya menyebarkan kecoa

Periset AS telah mempelajari bagaimana kecoa menyusup ke rumah kita dan menggunakan temuan tersebut untuk mengembangkan robot bertubuh lunak yang bisa menyusutkan dirinya sendiri dan merangkak masuk ke ruang tertutup.

Dr Latty sangat menyukai kecoa sehingga dia bahkan memiliki kecoa badak, , spesies kecoa asli dari Queensland.

"Mereka tinggal di bawah tanah dalam sistem liang yang dingin ini dan mereka memiliki perilaku yang benar-benar rapi di mana mereka menjaga anak-anak mereka untuk sementara waktu setelah mereka lahir," katanya.

"Orang tua akan merawat bayi dengan memotong daun-daun untuk mereka dan memberi mereka makan dan membantu menyiapkan mikrobioma mereka dan mereka tinggal bersama orang tua mereka sampai sembilan bulan sebelum mereka pergi sendiri.

"Mereka adalah kelompok serangga yang menarik. Sayang sekali mereka mendapat julukan yang buruk."

Dan akhirnya, Dr Latty mengatakan bahwa kita tidak akan pernah bisa menyingkirkannya.

"Itu tidak akan terjadi [karena] mereka lebih tangguh daripada kita, mereka ada dimana-mana. Ini hanya masalah berusaha menekan mereka pada tingkat di mana Anda bisa tinggal dengan mereka, menerima bahwa Anda akan memiliki satu atau dua kecoa di rumah anda dan itu bukan kiamat, "katanya.

Siapa yang mengajukan pertanyaan

Beck Pearse telah mengajukan beberapa pertanyaan aneh yang  telah diselidiki oleh ABC.

Beck Pearse Curious Sydney
Beck Pearse bertanya kepada program Curious Sydney untuk menyelidiki pinggiran kota di Sydney yang paling banyak kecoak.

Disertakan: Beck Pearse

Dia telah tinggal di pinggiran barat Sydney sejak pindah dari Blaxland.

Pertanyaan itu mencuat ketika dia menemukan dua ekor kecoa di lantai dapur, satu-satunya barang yang tersisa di sebuah gudang yang baru saja dibersihkannya dari atas ke bawah.

Dia dan teman-teman flatnya telah mencoba menggunakan debu pembunuh serangga dan umpan untuk  membunuh kecoa, tidak ada yang benar-benar berhasil, jadi strategi utamanya adalah menjaga kebersihan dan menghapus sumber makanan.

"Saya tidak terbangun pada malam hari mengkhawatirkan kecoa tapi mereka juga bukan hal yang saya sukai juga," katanya.

"Tidak ada yang benar-benar suka melihat kecoa merangkak melintasi bangku saat Anda bangun di pagi hari."

Apakah Anda memiliki pertanyaan untuk Curious Sydney?

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.