ABC

Kartu Pos Gratis Berhenti Operasi Setelah 25 Tahun

Perusahaan periklanan pertama dengan menggunakan medium kartu pos di Australia, Avant Card, akan berhenti beroperasi pekan ini.

Kartu pos unik, cerah dan gratisan yang diproduksi Avant Card selama ini biasanya terlihat di rak kartu di kafe-kafe, universitas dan galeri seni. Medium ini telah mendukung galeri, musisi, film dan banyak acara amal lainnya selama 25 tahun.

Pendiri dan Direktur Utama Avant Card, Pat Mackle mengatakan bahwa iklan digital dan media sosial, serta pemotongan dana untuk seni, merupakan alasan tutupnya perusahaan tersebut.

Rak penjualan kartu pos Avant
Rak penjualan kartu pos Avant menjadi pemandangan yang umum di cafe-cafe.

Facebook: Avant Card

"Ini keputusan yang sangat sulit. Media digital sangat mempengaruhi bisnis kami. Banyak klien memilih membelanjakan anggaran iklan mereka ke media digital," katanya.

Mackle pertama kali melihat konsep beriklan lewat kartu pos itu saat berada di Kopenhagen, Denmark, dan mengira kartu pos gratis seperti itu akan disukai di Australia.

Sekembalinya ke Australia, Pat Mackle memulai perusahaan itu dari rumahnya pada tahun 1992.

"Awalnya saya tidak yakin akan berhasil. Namun saya tahu ada orang lain yang menghargai seni dan budaya seperti saya," katanya.

Perusahaan miliknya telah menciptakan lebih dari 20.000 kampanye dan mendistribusikan lebih dari 250 juta lembar kartu pos.

"Sekitar lima lembar kartu pos untuk setiap orang Australia. Tak banyak orang yang saya temui dalam perjalanan yang tidak mengetahui kartu pos gratis [buatan Avant Card]," kata Pat Mackle.

Paling populer

Mackle mengatakan memiliki banyak kartu favorit selama perusahaannya beroperasi.

"Ada satu kartu pos dari Norman Gunston dan seekor burung dan satu lagi Mr Bean yang menggunakan celana dalamnya," jelasnya.

"Belum lama ini kami membuat serial kartu pos untuk film Lego. Kami merancang kartu pos berbentuk lingkaran yang dapat diputar seperti komidi putar. Keren sekali," kata Mackle.

Mackle mengirim surat perpisahan pada kartu pos kesayangannya di akun Instagram:

Dear Avant Card,

Terima kasih telah menjadi teman terbaikku, karena memberiku kehidupan menyenangkan, karena mengenalkanku pada begitu banyak orang hebat, karena memberiku kesempatan istimewa untuk berbuat bagi masyarakat, dan karena menjadi bagian dari kehidupan banyak orang. Saya mencintai setiap momennya.

Hormat saya, Pat Mackle

Dia mengatakan mengumumkan berakhirnya operasional Avant card, perusahaannya itu dibanjiri pesan dari penggemar yang mengaku sedih karena kartu pos Avant Card tidak akan ada lagi.

Salah satu surat berasal dari seorang perempuan paruh baya yang mengirim kartu pos setiap minggu kepada keponakannya yang berjuang melawan kecanduanya pada narkoba.

"Dia menulis surat untukku mengatakan bahwa dia berhasil mengalahkan kecanduannya. Sekarang kamarnya dipenuhi oleh tempelan kartu pos gratis Avant Card,” ungkap Mackle.

Kartu pos galeri seni New South Wales
Gambar dari Galeri Seni New South Wales merupakan salah satu kartu pos Avant yang populer.

Facebook: Avant Card

 “Saya sangat berharap kartu-kartu tersebut menghadirkan kebahagiaan kepada orang lain. Saat orang mengumpulkan sesuatu yang mereka sukai dan menjadi kenang-kenangan," katanya.

Gambar Elvis

Kartu terakhir yang dikeluarkan Avant Card adalah seri nomor 20.850 berjudul "Elvis meninggalkan gedung".

"Orang bersedia datang ke konser Elvis namun tak ada yang mau pulang. Saya pikir di situlah sentimennya," kata Mackle.

Menurut Mackle perusahaannya sedang dalam proses pembicaraan dengan Perpustakaan Nasional di Canberra untuk menampung seluruh koleksi  kartu pos mereka. Dan Queensland Creative Brisbane akan mengambil-alih rak-rak penjualan kartu pos Avant Card.

Kartu pos Avant seri Changemakers
Festival Changemakers di Melbourne menggunakan ilustrasi pada kartu pos Avant untuk menyampaikan pesannya.

Facebook: Avant Card

Diterjemahkan 31/7/2017 oleh Iffah Nur Arifah. Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.