ABC

Kari Sayur Michelle Lukman Dapat Pujian di MasterChef Australia

Masakan kari sayur yang terinspirasi oleh masakan neneknya yang dibuat oleh peserta MasterChef Michelle Lukman mendapat pujian dari para juri di lomba MasterChef Australia dalam tayangan hari Kamis (11/5/2017).

Dengan itu, Michelle yang berasal dari Indonesia tersebut masih bertahan dalam lomba masak populer tersebut.

Michelle Lukman yang baru berusia 19 tahun adalah peserta termuda dari 24 kontestan yang ikut MasterChef tahun 2017.

Michelle lahir di Bandung, dan pindah ke Melbourne bersama kedua orang tuanya ketika berusia 12 tahun.

Dalam dua babak memasak yang ditayangkan hari Kamis, Michelle Lukman sempat menjadi empat peserta terbawah yang harus memasak lagi karena masakan sebelumnya dianggap tidak enak.

Michelle sebelumnya berada dalam satu grup dimana 10 peserta MasterChef ini kalah dalam lomba dengan kelompok lainnya.

Untuk menentukan siapa peserta yang akan gugur, 10 kontestan ini disuruh membuat goreng kentang dengan saus bikinan sendiri.

Di babak ini, Michelle, yang sekarang menjadi mahasiswi di RMIT di Melbourne tidak mampu menggoreng kentang menjadi renyah, karena dia belum pernah melakukan hal tersebut sebelumnya.

"Saya sangat khawatir karena kentang goreng saya tidak berwarna cokelat keemasan. Saya merasa belum melakukan yang terbaik," ujar Michelle saat mencoba membuat kentang goreng dengan saus tomat, dengan tambahan keju feta dan parsely.

"Sausnya enak, saya suka dengan ideanya dan rasanya, tapi kamu punya masalah dengan kentangnya." kata salah seorang juri.

"Tidak kering sepertinya yang lainnya, sejujurnya, ini sedikit berminyak, dengan ini kamu bermasalah," ujar Gary Mehigan, salah satu juri Masterchef.

"Saya setuju dengan para juri bahwa kentang gorengnya tidak dimasak dengan benar, ini membuat saya takut," aku Michelle.

Oleh karena itu, Michelle bersama dengan tiga peserta lain harus memasak lagi untuk menentukan siapa yang akan meninggalkan gelanggang.

Mereka diminta untuk memasak makanan apa saja, baik yang manis maupun yang asin, dengan menggunakan kentang sebagai salah satu bahan utama.

Michelle yang sebelumnya dipuji karena membuat makanan penutup bernama Golden Ball dan merasa lebih kuat dalam masakan-masakan berasa manis (desserts) memutuskan untuk membuat kari sayur, menu yang dibuat oleh neneknya ketika dia dibesarkan di Bandung.

"Ketika kecil saya tinggal dan dibesarkan oleh nenek saya. Kari sayur ini saya harapkan akan membuat nenek saya bangga dengan makanan saya." katanya.

Michelle Luikman membuat kari sayur dengan kentang kering.
Michelle Lukman membuat kari sayur dengan kentang kering.

Foto: MasterChef

Dalam masakan tersebut, Michelle menggunakan dua jenis kentang dalam masakannya.

Kentang pertama menjadi bagian dari kari sayur dan kemudian dilengkapi dengan kentang goreng di atasnya.

Masakan tersebut ternyata mendapat pujian dari tiga juri MasterChef yaitu George Calombaria, Gary Mehigan, dan Matt Preston.

"Masakan ini tidak menggunakan daging ayam, tidak menggunakan daging sapi, tidak menggunakan makanan laut. Tidak terlalu pedas, namun semua rasanya ada." kata George Calombaris.

"Michelle, kamu menyanyikan semangkuk makanan yang hangat yang menggambarkan kecintaan Indonesia." kata Matt Preston.

Lomba MasterChef Australia dalam beberapa tahun terakhir menampilkan beberapa peserta yang memiliki latar belakang Indonesia.

Diantaranya adalah Reynold Poernomo di tahun 2015 yang menduduki peringkat keempat, dan di tahun 2016 Elena Duggan yang memiliki nenek yang berasal dari Indonesia menjadi pemenang.