ABC

Kardinal Pell Diperiksa Polisi Australia di Roma

Kardinal George Pell, pejabat paling senior di hirarki Katolik di Australia telah dimintai keterangan oleh Kepolisian Victoria di Roma berkenaan dengan tuduhan pelecehan terhadap anak-anak.

Dalam sebuah pernyataan, Kepolisian Victoria mengukuhkan hal tersebut kepada program 7.30 ABC bahwa "tiga anggota Kepolisian Victoria melakukan perjalanan ke Roma minggu lalu dimana Kardinal George Pell secara sukarela bersedia dimintai keterangan berkenaan dengan tuduhan adanya penganiayaan seksual."

"Dari hasil pemeriksaan, penyelidikan lanjutan terus dilakukan. Kami tidak bisa memberikan komentar lainnya pada saat ini," kata pernyataan tersebut.

Kardinal Pell sebelumnya adalah Uskup di Melbourne dan pernah bekerja di berbagai paroki di negara bagian Victoria. Dia sekarang bekerja di Vatikan, di bidang keuangan di bawah kepemimpinan Paus Fransiskus.

Dalam acara 7.30 ABC 27 Juli lalu diungkapkan bahwa dua orang pria yaitu Lyndon Monument dan Damian Dignan menjelaskan mengenai sentuhan yang tidak sepantasnya yang mereka terima dari Pell di kolam renang Eureka di Ballarat, tahun 1970-an.

Seorang pria lainnya, Les Tyack yang tinggal di Tourquay juga membuat laporan kepada tim gugus kerja polisi bernama SANO mengenai perilaku Kardinal Pell di Klub Surf Life Saving di Tourquay di tahun 1980-an. Pell disebutkan telanjang di depan anak laki-laki.

Program tersebut juga mengungkapkan adanya laporan berkenaan dengan perilaku Pell ketika menjabat Uskup Melbourne dalam hubungannya dengan bocah laki-laki anggota paduan suara di Kathedral St Patrick di tahun 1990-an.

Kantor Kardinal di Roma hari Rabu (26/10/2016) mengeluarkan pernyatan, mengulangi pernyataan bulan Juli lalu yang "membantah semua tuduhan mengenai pelecehan seksual."

"Kardinal akan terus bekerja sama dengan Kepolisian Victoria sampai penyelidikan berakhir. Kardinal tidak akan memberikan komentar lainnya saat ini," katanya.

Diterjemahkan pukul 15:00 AEST 26/10/2016 oleh Sastra Wijaya dan simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini