ABC

Kapan Pernikahan Sesama Jenis di Australia Bisa Resmi Digelar?

Warga Australia telah memilih ‘ya’ untuk melegalkan pernikahan sesama jenis.

Sejumlah pasangan sesama jenis ada yang langsung mengajukan lamaran pada pasangannya, begitu hasil plebisit diumumkan, namun belum ada acara pernikahan yang diselenggarakan.

Mari kita lihat kapan kira-kira anda bisa menyaksikan pernikahan sesama jenis tersebut.

Kapan tanggal pasti pernikahan sesama jenis pertama di Australia akan diselenggarakan?

Kami belum tahu dan ini agak rumit.

Ingat bahwa hasil plebisit tidak serta-merta mengesahkan pernikahan sesama jenis.

Politisi Australia masih harus meloloskan undang-undang untuk membuat perubahan yang diperlukan pada Undang-undang Perkawinan.

Tapi, seperti rancangan undang-undang apapun, akan ada perdebatan mengenai undang-undang tersebut dan terdapat potensi amandemen terhadapnya.

Proses ini semua dimulai di Senat pada Kamis (16/11/2017) pagi, tapi kami tak tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Awal Januari 2018 adalah skenario terbaik

Mari kita perlakukan perkiraan tanggal-tanggal berikut ini dengan skeptis. Mereka bisa * benar-benar * berubah.

Tanpa melewati terlalu banyak prosedur Parlementer, tanggal paling awal yang mungkin agar rancangan undang-undang (RUU) yang mengesahkan pernikahan sesama jenis bisa lolos dari Senat yakni sekitar 30 November.

Kemudian RUU itu harus diserahkan ke Dewan Perwakilan Rakyat, di mana bisa jadi baru diloloskan sekitar 7 Desember.

Gubernur Jenderal bisa meratifikasi undang-undang tersebut sekitar 8 Desember, dan menjadikan pernikahan sesama jenis sah dilakukan.

Itu akan memenuhi harapan Perdana Menteri Malcolm Turnbull untuk menyelesaikannya sebelum hari Natal.

Ini bisa jadi sedikit lebih awal ATAU bisa jadi lebih lama (Perdana Menteri mengatakan bahwa ia bersedia menahan Parlemen bersidang kembali sampai Natal jika memang diperlukan, jadi akhir Desember benar-benar waktu yang mungkin).

Pasangan ini bertunangan pada event pengumuman hasil plebisit pernikahan sesama jenis di Sydney
Pasangan ini bertunangan pada event pengumuman hasil plebisit pernikahan sesama jenis di Sydney. Tapi mereka masih menunda tanggal peresmian hubungan mereka.

ABC News: Riley Stuart

Kapanpun UU itu lolos di Parlemen, perlu waktu jeda satu bulan

Jika Anda ingin menikah sekarang, Anda harus mengajukan formulir Pemberitahuan Perkawinan yang Ditujukan kepada penghulu atau pemuka agama Anda setidaknya satu bulan sebelum Anda melangsungkan pernikahan.

Kami mengira proses ini tidak akan berbeda dengan pernikahan sesama jenis.

Jadi jika pihak berwenang berhasil menyelesaikan proses pengesahan tanggal 8 Desember, pernikahan sesama jenis yang pertama di Australia bisa terjadi sekitar tanggal 8 Januari 2018.

Dan Jaksa Agung Australia, George Brandis, -pun setuju.

Dia mengatakan kepada Program AM ABC Kamis pagi, (16/11/2017)  dirinya mengharapkan "awal tahun depan" adalah saat di mana warga Australia akan menyaksikan pernikahan sesama jenis yang pertama.

Bisakah saya memesan pernikahan sesama jenis saya sekarang?

Tidak ada yang menghentikan Anda untuk memesan penghulu dari sekarang jika mereka tidak keberatan dengan keinginan anda tersebut (dan tersedia!) Dan mengundang orang ke pesta pernikahan Anda.

Tapi, kantor Kejaksaan Agung telah memastikan bahwa formulir Pemberitahuan Perkawinan tidak dapat diajukan sampai undang-undang pernikahan sesama jenis diloloskan.

Yang berarti Anda akan mengambil risiko bahwa semuanya melewati Parlemen tanpa ada rintangan jika Anda memang tertarik untuk melangsungkan pernikahan itu pada tanggal 8 Januari.

Jadi jangan tersinggung jika beberapa orang merespon undangan dengan status "tentatif" untuk sementara waktu.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.