ABC

Kanguru Kembar Lahir di Australia Barat

Petugas taman satwa liar Uralla, Australia Barat, kaget bukan main saat mendapati seekor kanguru hamil ternyata memiliki janin bayi kembar di kantungnya.

Kelahiran bayi kanguru kembar termasuk langka, dan menurut Mandy English, pemilik taman satwa tersebut, ia baru mendengar tiga kejadian adanya kelahiran kembar selama 15 tahun menggeluti karirnya.

"Ini peristiwa langka, dan kami benar-benar senang bisa melihat bayi kembar di kantung ibunya," kata Mandy. Petugas mendapati bayi kembar tersebut akhir pekan lalu, saat memeriksa kondisi kanguru hamil tersebut.

Diperkirakan, jika kelahiran itu terjadi di alam bebas, sangat kecil peluang bagi bayi kanguru kembar untuk bisa bertahan hidup.

Biasanya, bayi kanguru yang baru lahir akan tetap bertahan hidup di kantung induknya hingga mencapai berat badan sekitar 3 kg. Karena itu, dengan bayi kembar, berarti sang induk akan menahan beban berat 6 kg di kantungnya. Jadi sang induk akan kesulitan.

"Biasanya menurut pengalaman, sang induk akan membuang salah satu bayinya," kata Mandy.

Para volunteer dan petugas taman satwa Uralla kini secara khusus mengawasi sang induk hingga lima bulan ke depan. "Jika induknya membuang salah satu bayinya, kami akan menjaga dan merawatnya dan membiarkan sang induk dengan bayi satunya lagi," jelas Mandy.

Sejauh ini belum bisa dipastikan jenis kelamin kedua bayi kanguru tersebut, namun tampaknya salah satunya adalah jantan.

Ikuti Kompetisi Belajar Bahasa Inggris di Australia gratis - Klik tautan berikut: https://apps.facebook.com/australiaplus