ABC

Kandidat Pemilu Queensland Diduga Tak Laporkan Donasi Politik

Penyelidikan yang dilakukan Komisi Kejahatan dan Korupsi (CCC) di Brisbane mengungkap, ada dugaan bahwa beberapa kandidat dalam Pemilu lokal di Queensland tahun lalu gagal untuk mendeklarasikan donasi politik yang mereka terima.

CCC menyelidiki sejumlah klaim penyimpangan kandidat dalam Pemilu lokal di Gold Coast, Ipswich dan Moreton Bay.

Ini adalah investigasi publik pertama yang dilakukan CCC dalam -setidaknya -lima tahun terakhir dan diluncurkan setelah CCC dan Komisi Pemilihan Queensland (ECQ) menerima keluhan tentang transaksi keuangan selama kampanye Pemilu tahun lalu.

CCC menggelar sesi dengar pendapat publik atas calon independen yang diduga menerima dana dari partai politik dan pengembang properti.

Seorang penasehat yang membantu penyelidikan tersebut, yakni Glen Rice QC, mengatakan, ada keluhan yang disampaikan tentang praktik yang bisa menimbulkan risiko korupsi potensial, atau merusak integritas dan transparansi proses Pemilu.

Ia menuturkan, ada dugaan bahwa beberapa kandidat Pemilu di Gold Coast, Moreton Bay dan Ipswich telah mengakui sebagai kandidat independen, tapi pada kenyataannya, mereka adalah bagian dari kelompok kandidat yang tak terdaftar, yang berbagi sumber daya serta sumber pendanaan kampanye.

Komisioner Pemilu Queensland, Walter van der Merwe, mengatakan dalam penyelidikan bahwa ia menerima keluhan dalam jumlah banyak setelah Pemilu lokal yang digelar tahun 2016 itu.

"Ada tuduhan yang dilayangkan terhadap saya -saya bekerja atas dasar bahwa saya lebih suka mendengar tentang hal itu daripada tidak mendengarnya," kata van der Merwe.

Ia mengutarakan, "Saya pikir, beberapa dari tuduhan itu cukup signifikan, mereka membutuhkan penyelidikan dan kajian lebih lanjut, dan saya pikir itu sebabnya kita berada di sini hari ini."

Ia mengatakan, Pemilu pemerintah daerah lebih "kompleks dan menantang" dibanding Pemilu negara bagian dengan 89 daerah pemilihan.

Van der Merwe menyebut, ada "faktor kepercayaan" yang signifikan ketika menyangkut kandidat dewan kota yang melakukan hal benar.

Ia menyampaikan, 1.700 kandidat diinformasikan mengenai syarat-syarat pengungkapan donasi politik.

"Saya tak memiliki jaringan penyidik di luar sana -ada unsur kepercayaan dan niat baik dari segi aturan," sebut Van der Merwe.

"Anggota pihak ketiga, kandidat dll harus sadar sepenuhnya akan persyaratan legislatif yang harus mereka penuhi," tambahnya.

Menurut hukum Queensland, kandidat Pemilu pemerintah daerah yang berniat untuk bersekutu dengan satu sama lain harus mengungkapkan secara terbuka keterkaitan mereka ketika mereka mencalonkan diri.

Hukum tersebut diberlakukan setelah penyelidikan korupsi sebelumnya menemukan bahwa Pemilu Dewan Kota Gold Coast tahun 2004 diintervensi oleh pendanaan rahasia dari sejumlah pengembang.

Penyelidikan tersebut akan mendengar keterangan dari hampir 20 saksi, termasuk mantan menteri di Pemerintahan Turnbull -Stuart Robert, anggota Parlemen dari Partai Buruh -Shayne Neumann, Walikota Ipswich -Paul Pisasale dan Walikota Moreton Bay -Allan Sutherland.

Sesi dengar pendapat publik terus berlanjut.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Diterbitkan: 15:40 WIB 18/04/2017 oleh Nurina Savitri.