ABC

Jumlah Siswa Internasional Jadi Sorotan di Pemilu Australia Selatan

Kubu oposisi di Negara Bagian Australia Selatan berjanji akan menunaikan rencana untuk meningkatkan jumlah siswa internasional hingga 40 ribu orang jika menang dalam pemilu di negara bagian itu pada Maret (2014) mendatang.

Pemimpin Oposisi Steven Marshall mengungkapkan kalau Australia Selatan yang berpusat di Adelaide menarik sekitar 5,5 persen dari pasar siswa internasional di Australia dan menyebut kalau proporsi itu harus ditingkatkan.

Saat ini menurut Marshall, terdapat sekitar 28 ribu siswa internasional di Australia Selatan.

Oposisi menjanjikan dana bantuan tahunan hingga AUD $2 juta atau sekitar Rp 20 milyar buat Pendidikan di Adelaide jika dia memenangkan pemilihan suara.

"Kami ingin...mengembalikan dana untuk Pendidikan Adelaide, meningkatkannya dan menuntut mereka dengan tanggung jawab dengan memunculkan rencana strategis untuk memenuhi sektor ini,” tutur Marshall.

Sementara Pejabat Menteri Pendidikan Tinggi Australia Selatan Michael O'Brien mengatakan aturan Pendidikan Adelaide ini sedang dikaji.

O'Brien mengklaim tiga universitas di negara bagian itu sudah melakukan performa yang bagus untuk menarilk siswa internasional tanpa mendapat bantuan.

Dia juga menyatakan kalau apa yang telah dilakukan Pendidikan Adelaide adalah melindungi aktivitas ketiga universitas, namun apa yang dilakukan ketiganya adalah tugas berat di sektor itu.

"Apa yang ingin dilakukan Pemerintah Negara adalah memastikan bahwa pajak Dollar yang diterapkan terbaik untuk membantu pekerjaan yang tengah dilakukan perguruan tinggi,” tegasnya.