ABC

Jumlah Rumah di Atas Rp 10 M Semakin Banyak di Melbourne

Jumlah suburb yang memiliki rata-rata harga rumah di atas $ 1 juta (sekitar Rp 10 miliar) di Melbourne meningkat empat kali lipat selama lima tahun terakhir, dan harga rumah diperkirakan akan terus naik.

Di Australia, semua wilayah dibagi ke dalam suburb dimana batas wilayah itu jelas dipetakan.

Data terbaru yang dikeluarkan oleh lembaga bernama Real Estate Institute of Victoria (REIV) menyebutkan dalam tiga bulan pertama tahun 2017, ada sekitar 120 suburb di Melbourne dimana harga rumah rata-rata di atas $ 1 juta atau lebih.

Padahal di tahun 2012, jumlah suburb tersebut barulah 30.

Presiden REIV Joseph Walton mengatakan bahwa para pembeli yang tidak mampu membeli rumah di daerah di dekat pusat kota, sekarang terpaksa mencari rumah ke arah yang lebih menjauh dari kota.

Di Melbourne, suburb yang berada di dekat kota biasa disebut sebagai inner suburb, sedangkan yang lebih jauh masuk dalam kategori outersuburb.

"Harga rumah paling tinggi biasanya terjadi di kawasan inner suburb, namun sekarang sudah pula menjalar ke middle suburb." kata Walton.

Harga rumah meningkat tajam selama beberapa tahun terakhir ini di Sydney, Melbourne, dan Brisbane, sehingga menimbulkan perdebatan mengenai kemampuan para pembeli rumah pertama (first home buyers) untuk bisa memiliki rumah sendiri.

Pemerintah negara bagian NSW sudah mengumumkan berbagai langkah untuk membantu para pembeli rumah pertama mengikuti langkah serupa yang sudah dilakukan pemerintah negara bagian Victoria termasuk pengurangan pajak pembelian rumah.

Juga sudah ada pembicaraan bahwa di Australia sekarang sedang menghadapi kemungkinan jatuh tajam (bublle burst).

Lembaga penganalisa properti CoreLogic memperkirakan kenaikan harga rumah akan melambat dalam beberapa bulan mendatang tetapi tidak akan turun tajam.

Walton mengatakan harga rumah di Melbourne akan terus naik.

"Faktor kunci yang mendorong kenaikan harga di Melbourne adalah pertambahan penduduk, dimana kedatangan migran baru ke Melbourne paling tinggi di seluruh Australia, tingkat suku bunga yang rendah, juga karena ketersediaan rumah yang rendah."

"Jadi saya kira karena semua faktor tersebut akan mendorong pasar ke arah yang positif."

Angka REIV menunjukkan bahwa 20 persen suburb yang berjarak sekitar 10 km dari pusat kota memiliki harga rumah rata-rata $ 2 juta.

Di tahun 2012, hanya ada delapan suburb yang dikawasan yang disebut middle ring (suburb di tengah antara inner dan outer) yang harga rumahnya diatas $ 1 juta, sekarang jumlahnya 53.

Diterjemahkan pukul 11:40 AEST 2/6/2017 oleh Sastra Wijaya dan simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini